Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Vitamin dan Suplemen yang Ampuh Melawan Stres

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2021 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 620 2364403 4-vitamin-dan-suplemen-yang-ampuh-melawan-stres-XowESHtBg1.jpg Ilustrasi vitamin dan suplemen penghilang stres. (Foto: 8photo/Freepik)

STRES mungkin bisa dialami setiap orang, tentunya dengan penyebab berbeda-beda. Faktor yang paling umum memengaruhi stres adalah terkait tekanan pekerjaan, uang, kesehatan, dan hubungan antarmanusia.

Gejala stres bisa bersifat akut atau kronis dan menyebabkan kelelahan, sakit kepala, sakit perut, gugup, hingga mudah tersinggung atau marah.

Baca juga: 8 Makanan Penghilang Rasa Cemas, Cukup Ampuh Lho 

Untuk mengatasinya, Anda perlu olahraga teratur, tidur yang cukup, dan mengonsumsi nutrisi baik. Beberapa vitamin dan suplemen juga dapat membantu melawan stres.

Apa saja vitamin serta suplemen tersebut? Berikut penjelasannya, seperti dilansir laman Healthline.

Vitamin. (Foto: Whatsolf/Freepik)

1. Melatonin

Melatonin adalah hormon alami yang mengatur ritme sirkadian tubuh, atau siklus tidur-bangun. Kadar hormon meningkat pada malam hari saat gelap untuk membantu tidur dan menurun di pagi hari saat terang untuk meningkatkan kesadaran. Dosis suplemen melatonin berkisar antara 0,3 sampai 10 mg. Namun, lebih baik Anda memulai dengan dosis serendah mungkin dan meningkatkannya lebih tinggi jika perlu.

Baca juga: Bukan Dipasung, Ini 5 Cara Sembuhkan Gangguan Kesehatan Mental 

2. Glisin

Glisin adalah asam amino yang digunakan tubuh untuk membentuk protein. Ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stres dengan membuat Anda nyenyak pada istirahat malam melalui efek menenangkan pada otak, serta kemampuan menurunkan suhu inti tubuh. Cukup mengonsumsi 3 gram glisin sebelum tidur. Ini dapat mengurangi kantuk di siang hari dan kelelahan setelah kurang tidur selama 3 hari.

3. L-theanine

L-theanine adalah asam amino yang paling banyak ditemukan di daun teh. Ini dapat meningkatkan relaksasi dan mengurangi stres tanpa memberikan efek sedatif. Efek ini telah dikaitkan dengan efek sinergis dari kafein dan L-theanine dalam teh, karena masing-masing bahan memiliki dampak yang lebih rendah.

Baca juga: Sering Stres, Ini 5 Cara Bahagia di Tengah Pandemi 

4. Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks biasanya mengandung delapan vitamin B. Selain berperan penting dalam metabolisme tubuh, vitamin ini dapat memperbaiki gejala stres, seperti suasana hati dan tingkat energi, dengan menurunkan kadar asam amino homosistein dalam darah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini