Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Dia Penyebab Berat Badan Naik saat Bulan Puasa

Siska Permata Sari, Jurnalis · Jum'at 07 Mei 2021 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 620 2407252 ini-dia-penyebab-berat-badan-naik-saat-bulan-puasa-vrffiUmLZG.jpg Ilustrasi berat badan naik. (Foto: Shutterstock)

BANYAK orang mengeluhkan berat badan naik saat bulan puasa atau Ramadhan. Padahal siang saat Ramadhan, tetap menjalankan ibadah puasa, artinya tidak mendapat asupan apa pun.

Puasa sendiri menurut berbagai penelitian telah dibuktikan mendatangkan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Salah satunya membantu menurunkan berat badan.

Baca juga: Wajib Tahu, Protokol Kesehatan saat Sholat Tarawih di Masjid 

Pasalnya, berpuasa dalam jangka waktu tertentu dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin yang pada akhirnya bisa membantu menurunkan berat badan.

Tetapi beberapa orang justru mengalami kenaikan berat badan selama berpuasa di bulan Ramadhan. Lantas, mengapa hal ini bisa terjadi? Berikut empat penyebabnya, sebagaimana dilansir laman Popsugar.

Puasa. (Foto: Shutterstock)

1. Makan terlalu banyak saat sahur dan buka puasa

Alasan pertama adalah kemungkinan Anda makan terlalu banyak di waktu sahur dan buka puasa. Memang, berpuasa dapat membantu menurunkan berat badan Anda dengan membatasi kalori dan makan lebih sedikit kalori daripada yang Anda bakar.

Namun, hal itu tidak akan terjadi apabila Anda mengonsumsi makanan berlebihan atau melebihi jumlah kalori yang seharusnya ketika berbuka dan sahur. Bahkan, makan berlebihan ini dapat memicu kenaikan berat badan yang tidak disangka-sangka.

Baca juga: Ini Pentingnya Tidur Cukup Supaya Kuat Jalankan Puasa Ramadhan 

2. Tidak cukup asupan protein saat sahur

Meskipun Anda bisa mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat seperti nasi, pizza, roti, mie, dan gorengan, tapi pastikan juga bahwa Anda makan cukup protein untuk mencegah rasa lapar, terutama ketika sahur. Sebab, jika tidak, Anda akan merasa lapar, yang bisa membuat Anda makan lebih banyak di waktu berbuka atau ketika Anda sedang tidak berpuasa.

3. Tidak cukup makan

Meskipun Anda berpuasa, pastikan untuk tetap memenuhi kebutuhan kalori harian. Pemenuhan kalori ini bisa dilakukan ketika waktu berbuka dan sahur. Pastikan juga untuk mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi.

Sebab, tidak cukup makan juga dapat menyebabkan Anda makan berlebihan dan mempunyai keinginan untuk mengunyah camilan lebih banyak. Inilah yang menyebabkan kenaikan berat badan.

Baca juga: Lakukan 3 Cara Ini Supaya Anak Tetap Fit saat Puasa Ramadhan 

4. Terlalu banyak mengonsumsi gula saat berbuka

Makan makanan manis dan karbohidrat olahan seperti es buah, cendol, mi, piza, goreng-gorengan, atau makanan-makanan penutup yang manis-manis memang tidak secara langsung menyebabkan penambahan berat badan.

Tapi makanan manis dan tinggi kalori dapat meningkatkan kadar insulin Anda . Ketika kadar insulin tinggi, inilah yang memberi sinyal pada tubuh Anda untuk menyimpan lemak, dan pada akhirnya dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Selain itu, ketika kadar insulin meningkat, itu dapat memblokir leptin, hormon yang memberi sinyal pada tubuh Anda bahwa Anda kenyang. Jika otak Anda tidak mendapatkan pesan tersebut, maka yang terjadi adalah otak akan memberi sinyal kepada tubuh Anda untuk terus makan. Lalu ingat, makan melebihi batas cukup dapat menaikkan berat badan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini