Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tingkatkan Mood, Konsumsi Saja 5 Makanan Sehat Ini

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 01 Agustus 2021 17:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 01 620 2449232 tingkatkan-mood-konsumsi-saja-5-makanan-sehat-ini-j6eapjhEte.jpg Ilustrasi makanan sehat peningkat mood. (Foto: User14908974/Freepik)
A A A

MOOD atau suasana hati adalah hal dalam diri seseorang yang terkadang naik dan turun. Cara membuatnya tetap di keadaan baik salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat. Langkah ini cukup ampuh untuk meningkatkan mood serta membuat tetap semangat.

Makanan sehat tertentu memang membantu meningkatkan suasana hati (mood) serta menciptakan dampak positif pada pikiran sehingga merasa berenergi dan bahagia.

Baca juga: 5 Tips Memilih Makanan Sehat untuk Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri 

Korelasi antara kesehatan mental dan nutrisi sangat penting untuk dipahami. Makanan bergizi dan sehat dapat memberi peran penting dalam meningkatkan kesehatan mental serta melawan depresi.

Berikut ini deretan makanan sehat yang bisa meningkatkan mood atau suasana hati serta menghindari perasaan rendah diri, sebagaimana dirangkum dari laman Pinkvilla.

1. Cokelat hitam

Cokelat hitam tidak hanya terasa enak untuk dimakan, tetapi juga kaya senyawa yang dapat meningkatkan zat kimia rasa enak di otak Anda. Ini tentu melepaskan kadar endorfin dan serotonin yang terkait suasana hati bahagia.

2. Ikan berlemak

Ikan berlemak terdiri dari asam lemak omega-3 yang membantu melawan depresi. Ikan seperti salmon dan tuna kaya akan asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan otak dan meningkatkan perubahan suasana hati Anda.

3. Kacang

Kacang-kacangan adalah pilihan yang cocok untuk camilan sehat. Mereka bagus untuk dikunyah sebagai kudapan tengah malam atau sebagai lauk. Kacang-kacangan dan biji-bijian tertentu menurunkan risiko depresi dan membantu perkembangan sel-sel otak.

Baca juga: Mengenal Diet Special Needs, Makanan Sehat untuk Penyandang Autisme 

4. Gandum

Gandum adalah menu sarapan yang enak dan bisa dimakan bersama pisang sebagai sereal dalam susu. Gandum penguat mood secara instan yang luar biasa dan bisa membuat tetap bersemangat sepanjang hari. Anda juga dapat memakannya di malam hari untuk tidur yang lebih nyenyak.

5. Pisang

Pisang kaya vitamin B6 yang membantu melepaskan zat kimia dopamin dan serotonin dalam tubuh Anda. Pisang langsung memberi energi dan meningkatkan suasana hati, membuat merasa segar dan terkendali. Pisang menjaga kadar gula darah dan suasana hati tetap stabil.

Follow Berita Okezone di Google News

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini