Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kunjungi Cirebon, Sandiaga Uno Santap Empal Gentong dan Sate Kambing

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 00:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 09 620 2468912 kunjungi-cirebon-sandiaga-uno-santap-empal-gentong-dan-sate-kambing-S9XM1ib0Nm.jpg Empal gentong (Instagram @cirebonpunya)

INDONESIA memiliki sederet kuliner lezat dan nikmat. Menariknya di setiap daerah mempunyai kuliner khasnya, salah satunya adalah empal gentong khas Cirebon, Jawa Barat.

Makanan berkuah yang menggiurkan ini membuat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno penasaran ingin menyantapnya.

Selain empal gentong, Sandiaga juga memesan satu porsi sate kambing yang juga legendaris. Nampak bumbunya terlihat medok, potongan dagingnya cukup besar, dan porsinya lumayan banyak.

Baca juga:  Deretan Kuliner Khas Cirebon yang Populer, Harus Dicoba!

"Oke kita sekarang mau makan sate kambing yang sangat legendaris dari rumah makan Empal Gentong H. Apud," ujar Sandiaga dikutip dari akun Instagram @sandiuno, Kamis (9/9/2021).

 Ilustrasi

Sandiaga Uno

Selain itu, Sandiaga juga mengenakan batik Cirebon bewarna biru dengan motif khasnya. Sehingga semakin lengkap rasanya kulineran di Cirebon serta menyantap makanan khasnya.

Selain menggunakan kayu bakar dan gentong, makanan ini disajikan menggunakan kucai. Keberadaan empal gentong sendiri sudah ada sejak zaman dahulu, dan menjadi kuliner khas Cirebon.

Baca juga:  Kala Sandiaga Jualan Selendang Mayang di Setu Babakan, Bikin Mabuk Kepayang

Makanan ini mirip dengan gulai (gule) dan dimasak menggunakan kayu bakar (pohon mangga) di dalam gentong (periuk tanah liat), sehingga rasa dan aromanya berbeda dan sangatlah lezat.

Daging yang digunakan adalah jeroan seperti usus, babat dan daging sapi. Empal gentong berasal dari Kabupaten Cirebon. Makanan khas Cirebon lainya masih ada lagi yaitu tahu gejrot dan docang.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini