Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 Metode untuk Ukur Tingkat Kebugaran Selama Pandemi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 24 September 2021 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 23 620 2475592 2-metode-untuk-ukur-tingkat-kebugaran-selama-pandemi-covid-19-fV2IbzcHF9.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

PANDEMI Covid-19 memaksa masyarakat untuk tetap berada di rumah. Meski demikian, pandemi Covid-19 tidak bisa menjadi alasan bagi seseorang untuk berhenti bergerak agar mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

Sebagaimana diketahui, bugar adalah kemampuan seseoang untuk melakukan tugas sehari-hari dengan mudah tanpa merasakan lelah yang berlebihan. Seseorang juga masih memiliki tenaga cadangan untuk melaksanakan aktivitas lainnya.

Merangkum dari laman Instagram resmi Dinas Kesehatan DKI Jakarta, @dinkesdki, Jumat (24/9/2021), untuk mengetahui seseorang dalam kondisi sehat dan bugar, maka bisa dilakukan pengukuran kebugaran. Caranya dengan menentukan jenis latihan fisik dan olahraga sesuai tingkat kebugaran seseorang.

Pengukuran kebugaran dapat dilakukan dengan dua metode, di antaranya:

Tingkat Kebugaran

1. Rockport (Berlari kecil sejauh 1,6 km)

Cara ini bisa digunakan bagi Anda yang tidak memiliki gangguan otot dan tulang, gangguan darah seperti hipertensi serta usia di bawah 60 tahun.

Baca Juga : Daftar Aplikasi Kebugaran Jaga Kesehatan di Tengah Pandemi

2. Jalan 6 menit

Cara ini bisa dilakukan bagi Anda yang memiliki gangguan otot dan tulang, gangguan darah, serta usai diatas 60 tahun.

Pada masa yang canggih ini, pengukuran kebugaran tidak harus dilakukan secara manual dan secara beramai-ramai. Kami dapat menggunakan aplikasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI yaitu SIPGA (Sistem Pengukuran Kebugaran) yang dapat diunduh di Google Play Store.

Aplikasi ini tidak hanya memberitahu seseorang tingkat kebugaran, akan tetapi juga memberitahukan rekomendasi latihan dan olahraga.

(hel)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini