Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apakah Vaksin Covid-19 untuk Balita Akan Hadir di Indonesia?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 11 April 2022 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 11 620 2576947 apakah-vaksin-covid-19-untuk-balita-akan-hadir-di-indonesia-B3OJuXGiMN.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)
A A A

ANAK-ANAK menjadi salah satu kelompok yang memang rentan terpapar Covid-19. Meskipun anak-anak memang tidak terlalu parah jika terpapar Covid-19, tapi mereka sangat rentan menjadi carier virus tersebut.

Oleh karena itu, di beberapa negara seperti Amerika Serikat, vaksin Covid-19 sudah diberikan pada anak di bawah usia 6 tahun. Lantas, apakah Indonesia akan memberikan vaksin Covid-19 ke usia 6 tahun ke bawah dan bayi juga? Jika iya, kapan waktu tersebut datang?

Diterangkan Plt Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan dr Prima Yosephine, memang benar bahwa sampai sekarang kelompok usia 'under' 6 tahun dan bayi belum masuk dalam sasaran vaksinasi Covid-19.

"Kami memberikan vaksin Covid-19 ke masyarakat itu sesuai rekomendasi ITAGI dan sampai sekarang tim ahli belum merekomendasikannya. Kita tunggu saja, ya," terang dr Prima dalam Webinar 'Raih Hidup Berkualitas Sepanjang Usia, Ayo Lengkapi Imunisasi', Senin (11/4/2022).

Selain berdasar pada rekomendasi ITAGI, Kemenkes pun memastikan bahwa vaksin Covid-19 yang diberikan ke masyarakat itu sudah mengantongi izin penggunaan darurat atau EUA dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Itu membuktikan bahwa vaksin yang diberikan di masyarakat memang sesuai dengan rekomendasi ahli dan terbukti keamanannya. Kami tidak sembarang memberikan ke masyarakat," tambahnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Lebih lanjut, Dokter Spesialis Anak dr Arifianto, Sp.A, menerangkan, pemberian vaksin tidak bisa sembarang dan sekadar ikut-ikutan. Tak bisa dipungkiri memang ada beberapa negara yang sudah memberikan vaksin Covid-19 ke anak usia di bawah 6 tahun dan bayi.

"Tapi, untuk Indonesia, sejauh ini ITAGI belum mengeluarkan rekomendasi. Meski begitu, pembahasan mengenai hal ini sudah terjadi dan izin baru akan keluar kalau memang rekomendasi sudah ditetapkan oleh ITAGI," ungkap dr Arif.

Daripada menanti vaksin Covid-19, sambung dr Arif, ada baiknya para orangtua melengkapi imunisasi dasar yang juga membahayakan anak-anak jika terlewat pemberiannya.

"Menurut saya, ada baiknya untuk saat ini kita semua, termasuk para orangtua, lebih fokus ke apa yang ada di depan mata. Artinya, vaksin difteri, campak, dan imunisasi dasar lainnya sudah ada dan sebaiknya segera diberikan ke anak jika belum," sarannya.

"Penyakit-penyakit tersebut juga mengancam nyawa anak-anak kita. Ketika vaksin itu tidak diberikan, risiko terjadinya wabah menjadi lebih besar," tambah dr Arif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini