Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Kementerian 'Keroyokan' Dorong Kemajuan UMKM

Heri Purnomo, Jurnalis · Jum'at 15 Juli 2022 17:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 15 620 2630339 4-kementerian-keroyokan-dorong-kemajuan-umkm-2WoFl6TpPK.jpg UMKM. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), Kementerian Perhubungan Kementerian BUMN, serta Kementerian PUPR berkolaborasi untuk meningkatkan perekonomian Indonesia.

Hal itu ditandai dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kementerian Koperasi dan UKM dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Badan Usaha Milik Negara dan Kementerian Perhubungan tentang Penyediaan Tempat Promosi dan Pengembangan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pada Infrastruktur Publik di rest area heritage KM 260B Banjaratma yang berada di Brebes, Jawa Tengah, Jumat (15/7/2022).

 BACA JUGA:Erick Thohir: 500 UMKM Sudah Bergabung di Sarinah

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan kesepakatan ini sesuai peraturan pemerintah (PP) Nomor 7 tahun 2021 tentang kemudahan, perlindungan dan pemberdayaan koperasi dan UMKM.

"Salah satu amanat Presiden di infrastruktur publik baik di stasiun, di bandara, pelabuhan, termasuk di Terminal, dan rest area itu 30% harus untuk UMKM," kata Teten.

Teten juga mengatakan, sebanyak 158 UMKM atau setara 95% telah tersedia di rest area heritage KM 260B Banjaratma yang berada di Brebes, Jawa Tengah.

"Di sini ada 158 UMKM Jadi hampir 100%. Ini juga bisa dijadikan sebagai role model karena dari manajemen Banjaratma juga memberikan kemudahan kepada UMKM termasuk pembebasan sewa, pada awal operasi juga memberikan sewa 50 persen pada saat awal pandemi Covid-19," ujarnya yang dipantau secara virtual, Jumat (15/7/2022).

Di tempat yang sama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya terus menghubungkan antara sarana dan prasarana infrastruktur dengan sistem transportasi yang handal di seluruh Indonesia.

"Kami menyambut baik adanya nota kesepahaman ini sebagai landasan Kemenkop UKM dan Kemenhub untuk bersinergi dalam mendukung pemanfaatan ruang komersial pada infrastruktur publik untuk tempat promosi dan pengembangan UKM dan berdaya saing," ujar Menhub saat memberikan sambutan melalui zoom.

Menhub pun berharap dengan adanya nota kesepahaman ini dapat memberikan manfaat kepada para pelaku UMKM.

"Saya berharap nota kesepahaman ini dapat diimplementasikan dengan oenuh komitmen kepada pihak terkait dan saya berharap kegiatan ini dapst memberikan manfaat kepada UMKM," katanya.

"Serta kami selaku pemerintah dapat terus berkolaborasi guna mendukung UMKM," tambahnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini