Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banyak Stadion Megah di Indonesia yang Terbengkalai, Dirut Pengelola GBK Beri Tanggapan

Andri Bagus Syaeful , Jurnalis · Kamis 29 September 2022 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 620 2677360 banyak-stadion-megah-di-indonesia-yang-terbengkalai-dirut-pengelola-gbk-beri-tanggapan-O7nFYMqpCS.jpg Rakhmad Afif Kusumo, Direktur Utama Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno (Foto: Aldi Chandra/MPI)

BANYAK stadion megah di Indonesia yang terbengkalai, hal itu mendapat sorotan dari Direktur Utama Pusat dan Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno (PPKGBK), Rakhmadi Afif Kusumo. Menurutnya, kunci untuk merawat stadion megah itu adalah apik dalam mengelola baik secara fisik maupun secara manajemen.

Oleh karena itu, Rakhmadi Afif Kusumo memberikan gambaran tantangan dalam mengelola stadion. Pasalnya, Stadion GBK kini menjadi salah satu stadion megah, yang tetap bisa terawat dengan baik.

 GBK Senayan Jakarta

Ia pun mengakui, bahwa mengelola stadion megah bukan perkara mudah. Sebab, banyak kendala dan tantangan yang harus dihadapi pengelola stadion.

"Tantangan terbesar dalam pengelolaan venue ataupun kawasan secara umum tentunya adalah bagaimana cara menarik pengunjung untuk spend their time. Itu (seperti) di kawasan GBK pada saat tidak adanya penyelenggaraan event," kata Rakhmadi Afif Kusumo dalam wawancara khusus bersama MNC Portal Indonesia (MPI).

Menurutnya, berbagai terobosan memang harus dilakukan dalam pengelolaan stadion. Tujuannya agar berbagai aktivitas di stadion tidak mati suri.

BACA JUGA:Rumput Stadion GBK Diperbaiki Jelang Piala AFF 2022 dan Piala Dunia U-20 2023, Telan Biaya Hampir Rp10 Miliar! 

"Selain itu juga setiap venue saya rasa di era modern saat ini diwajibkan untuk terus berinovasi. Itu untuk dapat mencari revenue stream baru yang dapat semakin meningkatkan pendapatan " katanya.

Rakhmadi Afif Kusumo mengatakan langkah-langkah itu akan lebih berdampak positif untuk pengelolaan sebuah stadion. Alhasil, berbagai aktivitas di stadion tetap berjalan dengan baik dan stadion bisa terawat.

Gelora Bung Karno

"Pada akhirnya stadion dapat menjadi venue atau pengelola kawasan yang self sustain," ujarnya.

Sebagai tambahan informasi, saat ini pihak GBK tengah melakukan sejumlah pemugaran di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Hal itu ditujukan untuk menyambut Piala AFF 2022 dan Piala Dunia U-20 2023. Salah satu perawatan yang dilakukan adalah dengan melakukan perbaikan pada bagian rumput, yang ditaksir mencapai Rp10 miliar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini