Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gandeng Jepang, RI Sulap Limbah Sawit Jadi Compressed Biomethane Gas

Hana Wahyuti, Jurnalis · Senin 06 Maret 2023 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 06 620 2776201 gandeng-jepang-ri-sulap-limbah-sawit-jadi-compressed-biomethane-gas-n2PgNMVOKB.jpg Gandeng Jepang, RI Sulap Limbah Sawit (Foto: Antara)
A A A

JAKARTA - PT Perkebunan Nusantara III (Persero) atau PTPN III komitmen pengembangan bisnis energi baru terbarukan (EBT) dan mendukung program dekarbonisasi untuk mencapai target penurunan emisi karbon/gas rumah kaca.

Hal ini sesuai Enhanced Nationally Determined Contribution (ENDC) Indonesia untuk sektor FOLU (Forestry & Other Land Use) sebesar 70% dari kegiatan Business As Usual (BAU) pada tahun 2030.

Palm Oil Mill Effluent (POME) merupakan limbah cair yang dihasilkan dari proses produksi pengolahan kelapa sawit menjadi Crude Palm Oil (CPO) dan merupakan penghasil emisi karbon terbesar di PTPN Group.

“Salah satu inisiatif strategis pengurangan emisi karbon yang dihasilkan dari POME yaitu dengan memanfaatkannya dalam pengembangan Compressed Biomethane Gas (CBG)," kata Wakil Direktur Utama PTPN III Denaldy Mulino Mauna dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin (6/3/2023).

Pada Jumat 3 Maret 2023 telah dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara PTPN III dengan PT Pertamina Gas Negara Tbk (PGN) bersama konsorsium perusahaan Jepang (JGC Holding Corporation, Osaka Gas Co. Ltd., & INPEX Corporation) dalam Pengembangan Compressed Biomethane Gas (CBG) di wilayah PTPN Group.

Follow Berita Okezone di Google News

POME dapat diolah menjadi Biomethane karena karakteristiknya sama dengan gas bumi (alam), memiliki berbagai potensi baik sebagai bahan bakar kendaraan, generator listik, dan pemanas. Selain itu, karbon hasil pembakaran biomethane lebih rendah dari gas bumi, sehingga Biomethane dapat menjadi opsi sebagai EBT untuk menggantikan bahan bakar minyak yang berasal dari fosil.

“Tahap selanjutnya setelah MoU ditandatangani, PTPN, PGN bersama Konsorsium Jepang akan menyusun Feasibility Study dalam pengembangan Compressed Biomethane Gas dari POME PKS Sungai Lengi PTPN VII yang rencananya akan didistribusikan melalui Stasiun Pengumpul Gas (SPG) Pagar Dewa milik PGN di Sumsel," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini