Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belanja Produk UMKM Bisa Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi RI

Nasya Emmanuela Lilipaly, Jurnalis · Jum'at 28 Juli 2023 10:34 WIB
https: img.okezone.com content 2023 07 28 620 2853518 belanja-produk-umkm-bisa-tingkatkan-pertumbuhan-ekonomi-ri-ika9Mt9a62.jpg Belanja Produk UMKM Bisa Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi RI (Foto: BUMN)
A A A

JAKARTA - Belanja produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Untuk itu pemerintah berkomitmen terus menggenjot pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui belanja produk UMKM.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting mengatakan, Gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) berkontribusi dalam meningkatkan konsumsi produk dalam negeri. Dengan berbelanja produk UMKM maka secara tidak langsung sudah berkontribusi mendukung perekonomian Indonesia.

"Jadi kalau kita semuanya bersama-sama mengkonsumsi produk-produk lokal khususnya produk UMKM, maka sebenarnya secara tidak langsung kita sudah ikut berkontribusi mendukung pertumbuhan perekonomian negara," ujar Loto saat membuka Bazar UMKM untuk Indonesia di Sarinah Jakarta, Kamis 27 Juli 2023.

Lota menyampaikan perekonomian Indonesia ditopang oleh UMKM. Kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PBD) Indonesia hampir 61% dan menyerap sebanyak 97% tenaga kerja.

Lebih lanjut, 65 juta UMKM yang ada di Indonesia, 80 persen merupakan para perempuan yang menggerakkan perekonomian keluarga.

Bentuk dukungan Kementerian BUMN terhadap UMKM juga ditunjukkan melalui penyelenggaraan Bazar UMKM untuk Indonesia di Sarinah Jakarta setiap bulannya. Mengangkat tema Wajah Kreasi Anak Negeri, bazar ini dilaksanakan pada 27-30 Juli 2023.

Menurut Loto, Bazar UMKM untuk Indonesia mampu mencetak transaksi Rp250 juta setiap bulan, bahkan khusus untuk acara yang konsepnya lebih besar mampu meraup hingga Rp18 miliar.

"Setiap event itu sekitar Rp250 juta, setiap bulan sekitar Rp250 juta tapi khusus expo yang bulan Juni (Juni 2023) bisa sampai Rp18 miliar karena melibatkan buyer-buyer BUMN karena termasuk transaksi belanja produk-produk yang relevan dengan BUMN-nya," kata Loto dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat (28/7/2023).

Bazar kali ini, menampilkan puluhan UMKM binaan dari PT Antam Tbk dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk yang memamerkan produk fesyen, aksesoris, kuliner, hingga kerajinan tangan.

Follow Berita Okezone di Google News

Loto mengatakan, seluruh UMKM yang terlibat dalam bazar ini telah melalui proses kurasi baik dari sisi kualitas hingga pengemasan sehingga produk-produknya tak kalah dengan buatan luar negeri dan tidak diproduksi secara massal.

"Kelebihan produk UMKM itu adalah unik ya, karena tidak terlalu massal produksi ya, sehingga banyak juga dari konsumen yang memang menghendaki produk-produk yang unik tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan Antam Syarif Faisal Alkadrie menambahkan, kegiatan Bazar UMKM Untuk Indonesia juga merupakan ajang untuk memperkenalkan produk-produk mitra binaan dari berbagai unit bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kami sangat senang memiliki kesempatan untuk bergabung dalam Bazar UMKM Untuk Indonesia pada bulan Juli ini karena bisa memberikan kesempatan kepada para mitra binaan ANTAM untuk memperluas pasar dan memperkenalkan produk-produk yang dimiliki. Selain itu pada kesempatan ini ANTAM juga memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk melakukan investasi produk logam mulia," katanya.

Event bulanan selama tahun 2023 tersebut menjadi sarana akses pasar yang lebih luas bagi UMKM dari berbagai daerah dalam memasarkan produknya secara offline di Sarinah Jakarta maupun online melalui platform e-commerce Pasar Digital Indonesia https://padiumkm.id agar dapat lebih dikenal sehingga tercipta transaksi belanja untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini