Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Buah Paling Cocok Atasi Dehidrasi saat Cuaca Panas

Devi Ari Rahmadhani , Jurnalis · Selasa 03 Oktober 2023 21:27 WIB
https: img.okezone.com content 2023 10 03 620 2894411 5-buah-paling-cocok-atasi-dehidrasi-saat-cuaca-panas-vE3jU0pKQg.jpg Ilustrasi Buah-buahan. (Foto: Freepik)
A A A

CUACA panas memang membuat kita mudah berkeringat, sehingga bisa membuat tubuh dehidrasi. Selain mengonsumsi air mineral secara teratur, kita juga bisa menghidrasi tubuh dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air.

Tentunya dengan mengonsumsi buah kita bukan hanya mendapat air tetapi juga bisa menutrisi tubuh. Dengan begitu, tubuh menjadi terhidrasi dan imunitas pun meningkat sehingga tidak mudah sakit di cuaca panas ini.

Lalu, buah apa saja yang mengandung banyak air? Mengutip dari Healthline, berikut ini 5 buah paling banyak mengandung air yang cocok untuk dikonsumsi saat cuaca panas. ada buah favoritmu?

Blewah

177 gram melon mengandung sekitar 90% air dan menghasilkan lebih dari setengah cangkir 118 ml air per porsi. Selain itu, blewah kaya akan vitamin A. Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin A dapat meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh dengan melindungi terhadap infeksi.

Jeruk

Buah berwarna oranye ini sangat menyegarkan karena mengandung 88% kadar air. Selain itu, buah ini memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Jeruk mengandung vitamin C dan potasium yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan dan kesehatan jantung.

Jeruk juga kaya akan antioksidan penangkal penyakit, termasuk flavonoid yang dapat mencegah kerusakan sel dengan mengurangi peradangan. Sementara kandungan air dan serat dalam jeruk dapat meningkatkan perasaan kenyang yang membuat makanan yang masuk ke tubuh Anda terkendali.

Persik

Buah persik mengandung 89% air sehingga bisa membantu menghidrasi tubuhmu selama di musim panas ini. Tingginya kandungan vitamin pada buah persik ini menjadi alasan mengapa buah persik sangat mengenyangkan dan rendah kalori. Satu buah persik berukuran sedang diketahui hanya mengandung 60 kalori.

Di samping itu, ada pula kandungan nutrisi lain dari buah persik yang baik untuk tubuh, yakni vitamin A, vitamin C, vitamin B, dan potasium.

Follow Berita Okezone di Google News

Semangka

Semangka mengandung 92% kadar air. Hal ini membuat semangka disebut sebagai makanan yang paling menghidrasi. Tidak hanya menghidrasi, semangka juga mengandung banyak nutrisi. 154 gram semangka mengandung lebih dari 118 ml air, serat, vitamin C, vitamin A, dan magnesium. Buah ini juga cukup rendah kalori, hanya menyediakan 46 kalori per cangkir. Hal ini karena kandungan airnya yang tinggi.

Selain itu, semangka kaya akan antioksidan kuat, termasuk likopen. Senyawa ini telah dipelajari kemampuannya dalam mengurangi kerusakan oksidatif pada sel yang dikaitkan dengan penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes

Stroberi

Stroberi mengandung 91% berasal dari air. Dengan demikian, mengonsumsi stroberi dapat menambah asupan air harian tubuhmu. Buah berwarna merah ini juga mengandung banyak serat, antioksidan penangkal penyakit, serta vitamin dan mineral, serta vitamin C, dan folat.

Mengonsumsi stroberi secara teratur juga telah terbukti mengurangi peradangan, sehingga dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung, diabetes, Alzheimer, dan berbagai jenis kanker.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini