Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keistimewaan Malam Nisfu Sya'ban, Ini Amalan Sunah yang Dianjurkan

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 07 April 2020 01:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 06 620 2195165 keistimewaan-malam-nisfu-sya-ban-ini-amalan-sunah-yang-dianjurkan-ONrudF6vjq.jpg Malam Nisfu Sya'ban (Foto: AFP)

Malam Nifsu Sya'ban merupakan malam yang penuh berkah yang dinantikan oleh umat Islam di bulan Sya'ban.

Wakil Ketua Lembaga Falakiyah (LF) PBNU, KH Sirril Wafa mengatakan, malam Nisfu Sya'ban adalah malam tanggal 15 bulan Sya'ban yang tahun ini (1441 H) jatuh pada hari Rabu atau malam Kamis (8/9 April 2020).

"Peristiwa itu menurut keterangan riwayat hadits sebagai saat pergantian buku catatan amal manusia atau rapot tahunan amal manusia," ujar Kiai Sirril Wafa kepada Okezone, Selasa (7/4/2020).

Menyambut malam Nifsu Sya'ban, maka sebaiknya umat Islam melakukan berbagai amalan dan membaca doa-doa dan membuat tiga permohonan kepada Allah SWT.

(Baca Juga : Kemuliaan Malam Nisfu Sya'ban Tidak Hanya Baca Yasin Saja, Ini Penjelasannya)

Ketiga permohonan itu dipanjatkan satu persatu yang masing-masing dilakukan setelah membaca Surat Yasin. Pada bacaan Surat Yasin pertama dilakukan dengan niat dan memohon kepada Allah agar diberikan panjang umur dalam keberkahan dan ridha-Nya.

(Baca Juga : Ini Alasan Rasulullah Puasa di Bulan Sya'ban)

Lalu, terang Kiai Sirril Wafa, sebelum membaca Surat Yasin yang kedua, maka muslim sebaiknya niat di dalam hatinya memohon agar dijauhkan dari segala macam bahaya, berbagai jenis penyakit, dijauhkan dari fitnah dan sejenisnya.

(Baca Juga : Sejarah Nifsu Sya'ban yang Perlu Anda Ketahui)

Sedangkan pada bacaan Surat Yasin ketiga dilakukan dengan niat memohon kepada Allah SWT agar diberikan kekuatan iman dengan tidak bergantung atau dijauhkan dari sifat ketergantungan dengan sesama manusia.

"Setelah itu diiringi doa-doa agar diberikan keselamatan, kesejahteraan dan takdir yang baik. Juga dianjurkan membaca doa Nabi Yunus," ujar Kiai Sirril Wafa.

(Baca Juga : Nisfu Sya'ban, Momen Diampuni Dosa Seorang Hamba)

Bacaan Doa Nabi Yunus,

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Artinya: “Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau Ya Allah, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk di antara orang-orang yang berbuat zalim.”

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini