Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Keutamaan Surat Yasin yang Dianjurkan Dibaca di Malam Nisfu Sya'ban

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 07 April 2020 20:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 07 620 2195725 4-keutamaan-surat-yasin-yang-dianjurkan-dibaca-di-malam-nisfu-sya-ban-PPtLVJxIPc.jpg Surat Yasin (Foto: Shutterstock)

Biasanya kita membaca Surat Yasin untuk mengirim doa kepada orangtua atau kerabat yang sudah meninggal. Namun Surat Yasin juga dianjurkan dibaca saat malam Nifsu Sya'ban sebelum membaca doa-doa lainnya.

Dai Muda Nahdatul Ulama (NU) Ustadz M Najmi mengatakan, sebenarnya membaca Surat Yasin memiliki banyak keutamaan. "Oleh karena itu kita sering menyaksikan pada malam Jumat banyak orang yang membaca Surat Yasin. Sebab memang banyak keutamaannya," katanya belum lama ini.

Lalu apa saja keutamaan membaca Surat Yasin?

1. Diampuni dosanya

Keutamaan membaca Surat Yasin sebagaimana Rasulullah SAW bersabda,

قَالَ رَسُوْلُ الله ـ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مَنْ قَرَأَ يٰسۤ فَيْ لَيْلَةٍ أَصْبَحَ مَغْفُوْرًا لَهٗ

Artinya: Barang siapa membaca Yasin pada malam harinya, maka paginya dia diampuni dosanya (H.R. Abu Ya’la).

(Baca Juga : Keistimewaan Malam Nisfu Sya'ban)

Berdasarkan hadist di atas, meski pahala membaca Surat Yasin dihadiahkan kepada keluarga yang sudah meninggal dunia. Namun orang-orang yang membaca Surat Yasin tersebut tetap mendapat keberkahan yakni diampuni dosanya pada malam itu hingga pagi tiba. Makanya tidak heran banyak orang membaca Surat Yasin pada malam Jumat.

2. Mendapatkan pahala

Membaca Surat Yasin akan memberikan pahala yang luar biasa bagi muslim yang membacanya.

“Dari Ma’qil bin Yasar r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda: Surat Al-Baqarah adalah puncak keutamaan Alquran, setiap ayatnya disertai delapan puluh malaikat, dan Ayatul Kursi dikeluarkan dari bawah ‘Arasy lalu bergabung bersamanya atau bergabung dengan Surat Al-Baqarah, sedangkan Yasin adalah inti Alquran tidaklah seseorang membacanya semata-mata karena menginginkan ridha Allah dan akhirat melainkan ia akan diampuni, dan bacakanlah ia untuk orang-orang yang meninggal di antara kalian.” (HR. Ahmad).

(Baca Juga : Doa Nabi Yunus di Malam Nisfu Sya'ban)

Lebih lanjut mengenai amalan sunah ini, dari Anas r.a. berkata, Rasulullah SAW bersabda,

لكل شىء قلب وإن قلب القرآن و يس ، . ومن قرأ ديس ، كتب له بقراءته قراءة القرآن عشر مرات

“Sesungguhnya segala sesuatu memiliki inti dan inti Alquran adalah Yasin, barang siapa yang membaca Surat Yasin, maka Allah menuliskan baginya dikarenakan membacanya, pahala membacanya sebanyak sepuluh kali.” (HR. Tirmidzi).

3. Mati syahid

Membaca Surat Yasin setiap malam juga diyakini akan mati dengan cara yang mulia, yakni mati syahid. Seperti riwayat dari Ibnu Hibban mengatakan, hadist ini shahih dari Ma’qol bin Yasar, Nabi Muhammad SAW bersabda,

اِقْرَءُوْا عَلَى مَوْتاَكُمْ يس

Artinya: “Bacalah atas orang mati diantara kamu Surat Yasin.” (HR. Abu Daud/ Ibn Majah/ Nasa'i)

(Baca Juga : Malam Nisfu Sya'ban, Momen Diampuni Dosa Seorang Hamba)

Kemudian, dalam riwayat lainnya mengatakan, bagi siapa saja yang membaca Surat Yasin setiap malam maka ia akan mati dalam keadaan baik atau syahid. Yaitu dari Anas bin Malik Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ دَاوَمَ عَلَى قِرَاءَةِ يس كُلَّ لَيْلَةٍ ، ثُمَّ مَاتَ ، مَاتَ شَهِيْدًا

Artinya: “Siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam, kemudian ia mati, maka ia mati dalam keadaan syahid.” (HR. At Thabrani).

4. Allah akan mengabulkan permintaan hambanya

Salah satu amalan sunah yang kerap dilakukan umat Islam pada malam Jumat, menurut hadits Syaikh al-Manawi, yakni membaca Surat Yasin.

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

“Barangsiapa membaca surat Yasin dan Shaffat di malam Jumat, maka Allah memberikan kepadanya permintaannya.” (HR. Abu Dawud dari Ibn Abbas. Abdurrauf al-Munawi)

Hadits tersebut menunjukkan bahwa jika sering membaca Surat Yasin pada malam Jumat, maka Allah akan mengabulkan permintaan hamba-Nya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini