Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada 5 Dampak Kesehatan saat Lihat Gerhana Matahari

Elsa Virina Simanjuntak, Jurnalis · Sabtu 20 Juni 2020 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 20 620 2233510 waspada-5-dampak-kesehatan-saat-lihat-gerhana-matahari-cTtSrwhSx0.jpg Ilustrasi. (Freepik)
A A A

PADA Minggu, 21 Juni 2020, gerhana matahari cincin dapat disaksikan di 31 provinsi di Indonesia. Meski kamu ingin menyaksikannya, tetap harus waspada ya!

Berdasarkan penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gerhana matahari adalah peristiwa terhalangnya matahari oleh bulan sehingga tidak semua cahaya sampai ke bumi. Sedangkan, gerhana matahari cincin terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi berada tepat dalam satu garis lurus. Dengan demikian, matahari akan terlihat seperti cincin.

Di Indonesia, gerhana matahari cincin ini dapat diihat di sebagian besar Jawa dan sebagian kecil Sumatera bagian Selatan.

Bagi kamu yang ingin melihat bagaimana gerhana matahari cincin, waspada dengan beberapa dampaknya bagi kesehatan. Dikutip dari Elitedaily, berikut ulasannya dan bisa menjadi pertimbangan ya!

Baca Juga: Ini Tata Cara Sholat Gerhana Matahari

Rasa lelah

lelah

Berdasarkan penelitian spiritual, gerhana matahari dapat membuat seseorang lelah dan lesu. Penelitian ini juga menyarankan untuk tidak membuat keputusan penting karena mood-mu juga tidak baik pada masa-masa ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Kehamilan

hamil

Wanita hamil disarankan untuk melakukan tindakan tertentu. Sebuah mitos menyebutkan, anak yang lahir pada masa gerhana matahari akan mengalami kekurangan.

Baca Juga: Kemenag Imbau Daerah Aman Covid-19 Gelar Sholat Gerhana Matahari

Kerusakan mata

Ini terjadi jika melihat gerhana matahari dengan mata telanjang. Ini teruji secara ilmiah, gerhana matahari dapat merusak retina dan bisa menyebabkan kebutaan. Oleh karena itu, jika ingin melihat gerhana matahari, perlu menggunakan kacamata khusus.

Masalah sistem pencernaan

Beberapa orang percaya masalah pencernaan kerap terjadi pada masa gerhana matahari. Oleh karena itu, banyak orang yang memilih untuk tidak makan atau puasa saat terjadinya gerhana matahari.

Baca Juga: Berikut Waktu Sholat Gerhana Matahari di 31 Provinsi Indonesia

Masalah emosi

Emosi yang bermasalah juga dipercaya akibat dari gerhana matahari. Sebut saja meningkatnya rasa gelis, mimpi yang tidak biasa, atau kreativitas yang muncul tiba-tiba.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini