Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cahaya Bisa Rusak Mata, Ini 7 Cara Aman Lihat Gerhana Matahari

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 21 Juni 2020 12:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 21 620 2233791 cahaya-bisa-rusak-mata-ini-7-cara-aman-lihat-gerhana-matahari-L9leeT8KHd.jpg Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin (Foto : Boldsky)

Gerhana Matahari Cincin (GMC) diprediksi akan terjadi pada Minggu (21/6/2020). Meski demikian, masyarakat tidak dianjurkan untuk melihat fenomena ini dengan mata telanjang karena dapat menimbulkan risiko serius.

Seperti diketahui, gerhana matahari memiliki cahaya yang sangat kuat. Alhasil jika dilihat dengan mata telanjang, dikhawatirkan cahaya yang masuk bisa merusak komponen yang ada di dalam mata.

Oleh sebab itu, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melihat gerhana matahari secara aman. Merangkum dari NSC, Minggu (21/6/2020), berikut beberapa tips melihat gerhana matahari dengan benar. Yuk disimak.

Gerhana Matahari Cincin

1. Jangan melihat langsung ke matahari.

2. Jangan gunakan filter buatan sendiri atau kacamata hitam biasa. Bahkan kacamata hitam yang sangat gelap.

3. Gunakan filter matahari khusus, seperti kacamata gerhana atau alat pemantau matahari genggam untuk melihat gerhana.

4. Baca dan ikuti instruksi filter dan awasi penggunaannya pada anak-anak.

5. Dalam setiap tahap gerhana, jangan melihat matahari melalui kamera, teleskop, teropong atau perangkat optik lainnya, dan jangan pernah menggunakan filter surya dengan perangkat ini. Pasalnya sinar matahari yang terkonsentrasi akan merusak mereka dan dapat menyebabkan cedera mata serius.

Baca Juga : Presiden Jokowi Ultah ke-59, Intip 5 Momen Romantisnya Bersama Iriana

6. Periksa filter matahari Anda sebelum digunakan. Jika tergores atau rusak maka buang filter.

7. Proyeksi lubang jarum adalah cara yang aman untuk melihat matahari secara tidak langsung. Exploratorium menyediakan instruksi tentang Cara Membuat Pengamat Matahari dan metode lain untuk melihat matahari dengan aman.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini