Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fenomena Gerhana Matahari Cincin Pengaruhi Medan Magnet Bumi

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Minggu 21 Juni 2020 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 21 620 2233762 fenomena-gerhana-matahari-cincin-pengaruhi-medan-magnet-bumi-jCvcvYg84u.jpg (Foto: SciTechDaily)
A A A

JAKARTA - Gerhana Matahari Cincin yang diprediksi terjadi pada Minggu, 21 Juni 2020 akan berdampak pada alam semesta dan kehidupan di Bumi, dikutip Sindonews.

Dampak yang paling nyata dirasakan akibat dari adanya gerhana matahari adalah gangguan pada gravitasi atau medan magnet Bumi. Hal ini terjadi karena gerhana matahari total akan menghambat pemanasan dan juga proses ionisasi di lapisan ionosfer atmosfer Bumi. Dengan demikian medan magnet Bumi akan tergganggu.

Dampak lain dari terjadinya gerhana matahari adalah bisa menyebabkan gangguan pada mata. Sebenarnya ini tidak fokus pada gerhana matahari pada fase totalnya, namun pada sebelum total.

Pada saat matahari hanya terlihat pinggirannya saja, pada saat itu banyak sinar ultraviolet yang terpancar. Hal ini apabila tertangkap oleh mata manusia tanpa alat pelindung apapun maka bisa menyebabkan kerusakan pada mata.

Menurut Space, jalur totalitas tersebut hanya berukuran selebar 200 kilometer, dan untuk gerhana Matahari total 21 Juni 2020 ini, jalurnya dimulai dekat La Serena, Cile dan berakhir di selatan Buenos Aires, Argentina. Gerhana parsial akan terlihat di Uruguay, Paraguay, Ekuador, dan Brasil.

Sebagian besar jalur totalitas gerhana ini akan melintasi Samudra Pasifik, wilayah perairan yang tidak terdapat banyak manusia yang mengamatinya, tetapi jalur tersebut akan berakhir di pantai timur Amerika Selatan.

Fase totalitas gerhana akan pertama kali terlihat di Pulau Oeno, wilayah Inggris di Samudra Pasifik Selatan, pada pukul 10:24 waktu setempat (18:24 GMT). Tempat pertama di Amerika Selatan yang berkesempatan melihat totalitas akan berada di dekat La Serena, Cile, di mana totalitas dimulai pada 04:39 malam waktu setempat (19:39 GMT).

Pertunjukan ini akan mencakup jalur totalitas gerhana yang akan terjadi di seluruh Amerika Selatan.

Follow Berita Okezone di Google News

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini