Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terlanjur Beli Jamur Enoki, Hati-Hati Bakteri Listeria Bisa Pindah ke Sayuran Lain

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2020 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 620 2240080 terlanjur-beli-jamur-enoki-hati-hati-bakteri-listeria-bisa-pindah-ke-sayuran-lain-PXpWIHuXtU.jpg Jamur Enoki (OneGreenplanet)

JAKARTA - Bila masih ada yang menyimpan jamur enoki produksi Green Co, Korea Selatan di dalam kulkas, sebaiknya segera membersihkan isi di dalam mesin pendingin tersebut. Pasalnya, bakteri listeria monocytogenes yang ada di dalam jamur itu akan menyebar ke sayuran atau buah yang ada di sekitarnya.

"Bakteri listeria ini bisa kontaminasi silang, kalau disimpan dalam kulkas dan kondisi terbuka bisa menular ke buah yang lain dalam kondisi segar," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan, Agung Hendriadi di Gedung Kementan, Jakarta Selatan, Kamis (2/7/2020).

 Baca juga: Berbahaya, E-Commerce Diminta Tak Jual Jamur Enoki Asal Korsel

Dirinya menjelaskan, biasanya jamur enoki itu dijual dengan kemasan seberat 200 gram. Kemudian, jika bungkusannya sudah terbuka, sebaiknya langsung dimasak dengan suhu minimal 75 derajat celcius.

"Kalau (kemasan jamur enoki sudah) dibuka, itu harus segera dimasak," ujarnya.

 Baca juga:Ingat Ya, Bakteri Listeria di Jamur Enoki Bisa Mati pada Suhu 75 Derajat

Mengantisipasi efek negatif bakteri pada jamur enoki yang masih ditemukan di pasaran, kata Agung, masyarakat diminta memasaknya dengan benar. Sebab, bakteri listeria monocytogenes akan mati pada suhu 75 derajat celsius.

"Bakteri listeria itu akan mati dalam 75 derajat celcius selama 5 menit," ujarnya.

Sebelumnya, Kementan telah memusnahkan jamur enoki asal produsen Green Co Ltd, Korea Selatan, sebanyak 8,1 ton. Kini, dipastikan keberadaannya sudah tak ada lagi di pasaran.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini