Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rayakan Idul Adha, Perhatikan 4 Protokol Kesehatan saat Potong Hewan Kurban

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 22:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 620 2254822 rayakan-idul-adha-perhatikan-4-protokol-kesehatan-saat-potong-hewan-kurban-ROoJ4PS6tQ.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

UMAT Muslim di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada Jumat, 31 Juli 2020. Berbeda dengan tahun lalu, masyarakat kini harus merayakan Idul Adha di tengah pandemi virus corona Covid-19.

Tentunya terdapat beberapa protokol kesehatan yang wajib dipatuhi untuk mencegah penularan virus Covid-19 yang semakin bertambah saat ini. Merangkum dari akun Instagram resmi Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian @dkpkp.Jakarta, Kamis (30/7/2020), berikut protokol kesehatannya.

1. Menjaga jarak fisik (social distancing)

jaga jarak

Setiap tempat pemotongan hewan kurban bisa membatasi jumlah panitia. Pastikan yang datang saat pemotongan hewan kurban hanyalah panitia untuk mencegah kerumunan.

Baca Juga: 5 Tips Cegah Asam Urat Usai Menyantap Daging Hewan Kurban

Jarak yang ideal adalah satu meter, dan diimbau untuk tidak saling berhadapan antar petugas. Daging kurban bisa di antar oleh panitia ke rumah mustahik.

2. Penerapan higiene personal

Menggunakan alat pelindung diri (apd), minimal berupa: masker, face shield, sarung tangan sekali pakai, apron, dan penutup alas kaki atau sepatu (cover shoes). Jangan lupa untuk mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer sesering mungkin.

3. Pemeriksaan kesehatan awal

cek suhu

Pengukuran suhu tubuh (screening). Orang yang memiliki gejala seperti: demam, nyeri tenggorokan, batuk, pilek, dan sesak napas dilarang masuk ke tempat pemotongan.

Panitia berasal dari lingkungan tempat tinggal yang sama dan tidak dalam masa karantina mandiri.

Baca Juga: Cegah Lonjakan Kolesterol saat Idul Adha, Ada 5 Tipsnya Nih

4. Penerapan higiene dan sanitasi

cuci tangan

Menyediakan tempat cuci tangan, melakukan pembersihan dan disinfeksi, mandi dan ganti baju sebelum kontak dengan keluarga atau orang lain pada saat sampai di rumah. Menggunakan perlengkapan milik pribadi, hindari jabat tangan dan menerapkan etika batuk, bersin, atau meludah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini