Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Raja Ampat Kembali Dibuka, Perhatikan 10 Protokol New Normal untuk Turis

Salman Mardira, Jurnalis · Sabtu 22 Agustus 2020 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 22 620 2265713 raja-ampat-kembali-dibuka-perhatikan-10-protokol-new-normal-untuk-turis-vOwY5YO7D4.jpg Raja Ampat. (Foto: Okezone)
A A A

PARIWISATA Raja Ampat, Papua Barat resmi dibuka kembali mulai hari ini dengan protokol adaptasi kebiasaan baru, setelah sempat tiga bulan ditutup sejak pandemi Covid-19. Pariwisata dibuka khusus untuk wisatawan domestik.

"Dibuka pertama untuk domestik," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat Yusdi Lamatenggo kepada Okezone.

Menurut Yusdi Lamatenggo, pariwisata Raja Ampat dibuka bertahap diawali untuk turis domestik. Nanti akan dievaluasi perkembangan, kemudian baru diputuskan untuk dibuka kepada wisatawan mancanegara. Yusdi menjelaskan, Raja Ampat kini sudah masuk daerah kategori hijau, artinya tidak ada lagi kasus positif virus corona.

"Kita sudah hijau sekarang, dulu sempat oranye, ada 19 kasus positif Covid-19, Alhamdulillah semua sudah sembuh. Minggu kemarin sekolah sudah buka, pariwisata akan dibuka juga bertahap."

Dispar sudah menyiapkan aturan protokol adaptasi kebiasaan baru pariwisata di tengah Pandemi Covid-19. Selain untuk prosedur bagi wisatawan, ada juga aturan khusus kepada pelaku pariwisata.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan akan meresmikan pembukaan kembali pariwisata Raja Ampat dengan adaptasi kebiasaan baru Covid-19 di Pelabuhan Falaya, Waisai, siang ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Berikut 10 Protokol Tatanan Adaptasi Baru Pariwisata Raja Ampat:

1. Melakukan registrasi online di www.newnormal-rajaampat.com

2. Menyiapkan aplikasi Health Asessment (HAC) pada www.inahac.kemkes.go.id

3. Memiliki surat keterangan bebas Covid-19 berupa hasil RT-PCR negatif atau hasil rapid test non reaktif yang berlaku 14 hari, diperoleh dari rumah sakit/puskesmas/klinik resmi

Raja Ampat

4. Menyiapkan personal health kit seperti masker, face shield dan sebagainya

5. Memiliki asuransi kecelakaan dan atau asuransi jiwa terutama yang akan melakukan kegiatan bersifat risiko tinggi, seperti menyelam (diving), penjelajahan (trekking), telusur gua (coving) dan lain-lain.

6. Memiliki pemandu/pramuwisata. Melakukan booking online untuk lokasi yang akan Anda kunjungi pada situs yang sama

7. Ketika seluruh kelengkapan Anda sudah terpenuhi, lakukan perjalanan dengan protokol kesehatan

8. Untuk perjalanan udara, kamu akan tiba di Bandara Domique Edward Osok (SOQ) Sorong dan melanjutkan perjalanan udara atau laut menuju Raja Ampat

9. Lakukan Document Clearance sebelum memasuki Raja Ampat pada:

Check Point #1 Pelabuhan Falaya - Waisai - Waigeo

Check Point #2 Pelabuhan Welu - Misool

Check Point #3 Bandara Marinda - Waisai - Waigeo

10. Tetap mengikuti prosedur protokol ketertiban tatanan adaptasi baru di ruangan umum. Jika terjadi reaktif, maka siap untuk dikarantina dan diproses sesuai protokol (karena sudah menandatangani surat pernyataan bersedia).

Selama jalan-jalan di Raja Ampat, dianjurkan kamu membawa tas berisi surat bebas Covid-19, dokumen perjalanan, alat ibadah pribadi, wadah makanan dan alat makan pribadi, tas lipat untuk belanja, tempat minum pribadi, masker cadangan, tisu basah dan kering, hand sanitizer. Happy traveling to Raja Ampat!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini