Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Kuliner Khas Mandalika, Tempat Penyelenggaraan MotoGP 2021

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Senin 07 September 2020 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 620 2273868 7-kuliner-khas-mandalika-tempat-penyelenggaraan-motogp-2021-neN0apzAsb.jpg Ayam taliwang. (Foto: Dinno/Okezone)
A A A

MANDALIKA, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) kini menjadi perbincangan wisatawan lokal maupun asing. Bagaimana tidak, Mandalika diproyeksikan menjadi salah satu sirkuit dalam ajang bergengsi MotoGP 2021.

Terlebih, Mandalika juga masuk dalam daftar destinasi wisata baru yang menjadi fokus pemerintah untuk dikembangkan secara maksimal. Menurut Sporting Director Dorna Sport, Carlos Ezpeleta, MotoGp Mandalika 2021 digelar pada Maret atau akhir tahun 2021.

Okezone kesampingkan dulu terkait fokus persiapan Mandalika dalam menyambut ajang MotoGP 2021. Indonesia terkenal dengan makanan dan kulinernya yang khas dan cita rasa rempah-rempahnya yang unik.

Masih banyak potensi wisata yang dapat diulik dan digali dari Mandalika, sekaligus mempromosikan hal-hal unik, berbeda dan baru kepada wisatawan. Salah satunya adalah wisata kuliner khas Mandalika, mungkin sebagian Okezoners belum begitu kenal atau belum tahu banyak tentang beberapa kuliner khas Mandalika.

Berikut Okezone rangkum makanan atau kuliner khas dari Mandalika, Lombok, NTB yang wajib Okezoners coba nih. Yuk simak ulasannya, ditulis Senin (7/9/2020)

Soto Mandalika

Salah satu kuliner khas Indonesia ini disajikan dengan berbagai bumbu khas Mandalika. Berbahan utama ketupat, taoge, bihun, telur, daun bawang, kacang, dan kuah soto. Tak hanya itu, yang unik dari soto Mandalika ini memenuhi 5 unsur utama pemenuh rasa yakni asin, manis, pedas, asam, dan panas. Aroma bawang panggang yang ditaburi diatas kuah soto dan beberapa tusuk sate siap untuk menggugah selera makan Okezoners.

Baca Juga: Liburan ke Labuan Bajo, Asyiknya Salmafina Sunan Berjemur Pakai Bikini

Ayam Rarang

Buat Okezoners pencinta makanan pedas wajib mencoba kuliner khas Mandalika yang satu ini. Berbahan utama ayam dengan sajian bumbu balado dan cabai rawit merah yang meresap, hingga ke bagian dalam ayamnya cukup menggugah selera bagi yang menyantapnya. Rasa pedas yang cukup nendang dan bumbu balado khas, seakan membuat Okezoners enggak bisa move on nih dari makanan khas yang satu ini. Apalagi makanan ayam rarang ini disajikan dengan cah kangkung yang menyegarkan.

Sate rembiga

sate

Mandalika dijuluki sebagai Bumi Sejuta Sapi. Maka dari itu tidak heran makanan khas Mandalika ini tak jauh dari bahan dasar daging sapi. Sate Rembiga dengan berbahan dasar sapi ini disajikan tanpa bumbu kacang. Dinamakan rembiga karena berasal dari nama sebuah Desa Rembiga yang berada di dekat bekas Bandara Selaparang.

Bahan utama dalam pembuatan sate rembiga ini yaitu cabe rawit, bawang putih, garam, gula dan daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Sebelum dimasak, daging yang telah dipotong direndam dengan bumbu hingga tiga jam supaya meresap. Jadi kebayang kan Okezoners gimana rasanya dan empuknya daging sapi ini.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Sate Bulayak

Lagi-lagi kuliner khas dari Mandalika ini tidak lepas dari bahan dasar daging sapi. Sate bulayak ini misalnya. Bulayak merupakan sejenis lontong yang dibungkus dengan daun aren tau daun enau dengan bentuk memanjang seperti spiral sehingga untuk membukanya harus dengan Gerakan memutar.

Sate Bulayak ialah sate dengan bahan dasar daging sapi yang disajikan dengan lontong yang berbahan beras ketan. Selain itu, sate bulayak ini disajikan dengan sate jeroan yang dilumuri bumbu khas sasak ditambah kucuran air jeruk nipis dan sambal. Bumbunya terbuat dari kacang tanah yang disangrai dan ditumbuk, lalu direbus dengan santan dalam jumlah dominan. Menikmati sate ini dengan cara dicocol pada bumbu sate yang sudah disediakan.

Baca Juga: Viral Jembatan PIK 2, Tempat Nongkrong Baru Anak Gaul Jakarta Serasa di New Zealand

Ayam Taliwang

ayam

Mungkin Okezoners pernah mendengar atau bahkan mencoba makanan yang satu ini, ayam taliwang. Namun tahukah Okezoners, kalau kuliner ayam taliwang ini berasal dari Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Berbahan dasar ayam kampung yang berumur sekitar 3 sampai 4 bulan membuat ayam akan terasa lebih manis dan dagingnya pun terasa lebih empuk. Ayam Taliwang dapat disajikan dengan cara digoreng atau dibakar sesuai keinginan dengan kayu Nangka atau kayu kopi.

Kayu jenis ini memberikan aroma lebih enak dan nyala api yang lebih lama. Sajian ayam taliwang ini lebih lengkap jika disajikan dengan plencing kangkung khas Mandalika. Kangkung khas Mandalika memiliki batang dan ranting panjang besar dengan daun yang lebih hijau dan lebar.

Ares

Makanan khas satu ini berbahan utama pelepah pisang. Pelepah pisang yang masih muda ini diolah menjadi makanan yang enak. Selain pedas, makanan ini mempunyai perpaduan antara manis dan gurih karena menggunakan santan. Jika biasanya makanan ini hanya ditemukan di acara-acara pernikahan Suku Sasak asli, sekarang makanan ini dapat ditemui di tempat makan kuliner khas Mandalika.

Beberuk Terong

Makanan yang sering disebut gado-gado khas Lombok ini sering dijumpai Ketika dinikmati bersama ayam taliwang. Bahan utama makanan ini adalah terong ungu yang dipotong-potong lalu dicampur dengan tomat, kacang panjang yang dipotong-potong, timun, sambal serta beberapa bumbu rempah lainnya. Setelah semua bahan tercampur, tahap terakhir untuk menambah kesegaran beberuk terong ini adalah cucuran jeruk limau. Rasanya memang seperti gado-gado. Pedas, manis, asam dan sangat segar untuk dinikmati kapanpun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini