Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Jajanan Mandalika Wajib Dicoba saat Traveling ke Lombok

Muhammad Hafizh Arya Pradana, Jurnalis · Selasa 08 September 2020 12:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 620 2274326 10-jajanan-mandalika-wajib-dicoba-saat-traveling-ke-lombok-nY86FzSMfl.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)
A A A

MOTOGP 2021 akan digelar di Indonesia, tepatnya di Mandalika Lombok. Saat ini pun kawasan Mandalika masih dalam tahap pembangunan dan ada sederet persiapan lain.

Untuk Okezoners yang ingin menyaksikan MotoGP 2021 di Mandalika, jangan lupa untuk sejenak berkeliling kota dan mengulik jajanan di sana.

Dari beberapa jajanan di Nusantara, banyak yang memiliki cita rasa yang beragam. Rata-rata jajanan khas Mandalika menggunakan beras ketan dan gula merah sebagai pemanisnya.

Penasaran kan apa saja jajanan yang ada di Mandalika? Yuk simak 10 jajanan khas Mandalika yang telah dirangkum Okezone, dilansir dari YouTube Bowo Production.

1. Banget atau jaje reket

Banget adalah jajanan khas Lombok yang terbuat dari ketan kemudian dikukus. Sedangkan jaje reket adalah banget yang dibungkus daun pisang dan dibentuk panjang.

Jaje reket bisa juga terbuat dari beras ketan putih atau beras ketan hitam. Aroma dari ketan yang dibungkus dengan daun pisang menjadikan jajanan ini bisa menggugah selera Okezoners.

2. Wajik

Di Pulau Lombok ada dua jenis wajik. Ada yang berwarna merah dan juga berwarna putih.

Wajik merah terbuat dari beras ketan yang di kukus setengah matang dan dicampur dengan gula merah. Setelah tercampur ketan tersebut dikukus kembali sampai matang.

Sedangkan wajik hitam biasa dibuat untuk perayaan upacara adat masyarakat Lombok Tengah. Wajik hitam terbuat adari ketan hitam yang di campur dengan air gula merah dan dimasak sampai ketan bertekstur lunak. Jajanan wajik ini bisa ditemukan di pasar tradisional di Lombok.

3. Goro-goro

Goro-goro juga merupakan jajanan yang wajib Okezoners cari apabila mengunjungi Lombok. Adonannya terbuat dari tepung beras yang kukus dan diuleni dengan santan. Kemudian diberikan larutan parutan kapur sirih agar renyah. Setelah itu dibentuk menggunakan cetakan berbentuk bunga dan goreng hingga renyah.

Baca Juga: Sektor Kuliner Primadonanya Ekraf Indonesia

4. Jaje tumbek

Jaje tumbek terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan gula merah dan kelapa parut. Kemudian dikukus sampai matang.

Setelah matang, dimasukkan ke dalam wadah atau kulit yang terbuat dari daun kelapa. Kemudian dimasak lagi sampai daun terlihat layu.

5. Renggi Lombok

Renggi merupakan makanan khas Lombok yang terbuat dari ketan yang dikukus dan dijemur seperti menjemur kerupuk.

Setelah kering maka ketan tersebut bisa digoreng sampai mengembang. Zaman dahulu, renggi Suku Sasak dibuat selebar wajan besar. Namun sekaranng ukuran renggi dibuat agak kecil agar memudahkan dalam menyajikan.

 

Follow Berita Okezone di Google News

6. Nagasari Lombok

Terbuat dari tepung berasyang dicampur dengan santan dan gula. Adonan dimasak hingga mengeras selama memasak. Agar radonan tetap lembut harus terus diaduk. Setelah adonan matang dan dingin, bisa dibentuk dan diisi dengan buah pisang atau nangka di tengahnya, lalu dibungkus daun pisang hingga layu.

7. Tekel

Tekel terbuat dari beras ketan yang dicampur parutan kelapa dan garam. Semua bahan itu dibungkus dengan daun pisan dan diisi dengan potongan pisang.

Setelah jadi direbus sampai matang. Biasa ditemukan di Lombok Timur atau bisa juga beli di pasar tradsional.

8. Kue karake

Jajanan ini sekilas mirip dengan bawang putih. Karake makanan khas Lombok Timur, berbahan dasar beras ketan dan teksturnya kenyal.

Yang membuat kue ini unik adalah dibungkus dengan kulit jagung dan dibuat bulat 3 bagian. Karena ini, banyak orang beranggapan bahwa jajanan ini adalah bawang putih.

Baca Juga: Tak Pakai Masker, Turis di Bali Didenda Rp100 Ribu

9. Poteng jaje tujak

Dalam bahasa Indonesia jaje tujan adalah tape tumbuk. Makanan ini sebenarnya adalah tape yang diolah menjadi snack, bisa juga di tambahkan es batu agar lebih menyegarkan.

Biasanya disediakan saat Lebaran. Seseorang yang boleh membuat poeng jaje tujak adalah orang yang suci atau tidak sedang datang bulan. Sebab kalau sedang datang bulan, bisa merusak kepercayaan masayarakat Lombok dalam pembuatan poteng.

10. Cerorot

Disebut kue mata bor karena persis sepeeti mata bor. Kue ini sering dihidangkan saat ada perayaan di Pulau Lombok. Dibuat secara tradisional, dengan bahan yang diambil langsung dari alam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini