Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bantu Pasarkan Produk Ekonomi Kreatif, Kemenparekraf Luncurkan 'Ada di Warung'

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 03 Oktober 2020 01:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 620 2287542 bantu-pasarkan-produk-ekonomi-kreatif-kemenparekraf-luncurkan-ada-di-warung-IYXszVPv3X.jpeg Ilustrasi UMKM (Kemenparekraf)
A A A

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meluncurkan program 'Ada di Warung' untuk membangkitkan kembali industri UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. Program ini bertujuan mendukung pemasaran produk para pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) terutama di subsektor kuliner.

Deputi Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya menjelaskan, program yang diinisiasi oleh Kemenparekraf ini bekerja sama dengan sejumlah e-commerce untuk membantu para pelaku ekraf memasarkan produknya di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga:  Pengembangan Wisata Wellness Harus Berdayakan Masyarakat Lokal

"Kegiatan ini bertujuan untuk membantu para pelaku ekraf subsektor kuliner dalam memasarkan secara fisik produknya lebih dekat lagi dengan konsumen, sekaligus untuk mendorong masyarakat agar memilih berbelanja di warung terdekat sehingga dapat mengurangi cakupan mobilitas demi meminimalisir penyebaran Covid-19," ujarnya seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Jumat (2/10/2020).

Nia menjelaskan, selain memberikan pilihan varian makanan kepada masyarakat, program ini diharapkan dapat membantu pelaku ekonomi kreatif untuk tetap mendapatkan penghasilan, menambah variasi produk di warung kelontong, hingga menambah penghasilan warung kelontong karena adanya sistem bagi hasil.

"Hal-hal tersebut diharapkan akan mendorong pergerakan ekonomi kerakyatan, terutama pada masa pandemi Covid-19. Masyarakat yang berbelanja di warung kelontong jaringan Toko Pandai dapat menggunakan pembayaran secara nontunai sehingga turut membantu mengimplementasikan Program Pemerintah Sistem Keuangan Inklusi," kata Nia Niscaya.

 

Di pun berharap, program Ada di Warung dapat mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk mau membeli dan menggunakan produk lokal Indonesia, terutama untuk produk makanan sehari-hari.

"Selain itu, dengan penerapan digitalisasi warung dan konsep pembayaran nontunai, kita turut membantu warung konvensional menjadi lebih melek teknologi, serta mempermudah proses transaksi dan pembukuan pada masa kini. Dengan demikian, maka ekonomi kerakyatan akan terus berputar," ujarnya.

 Baca juga: Berburu Kuliner Minang Tanpa Kalap

Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf Yuana Rochma Astuti menjelaskan, program ini melibatkan 150 warung kelontongan yang tersebar di Jabodetabek. Sebanyak 60 warung berada di Jakarta, 50 warung di Bekasi, dan 40 warung di Tangerang.

"Meskipun saat ini program Ada Di Warung baru dilaksanakan di Jabodetabek, apabila apresiasinya baik dari masyarakat, rencananya tahap dua akan kami laksanakan di Malang dengan melibatkan 50 warung. Dan bila program ini mendapat respon yang lebih positif lagi maka tidak menutup kemungkinan kami akan buka di daerah lain," katanya.

Program ini diperkuat dengan promosi di media sosial berupa video olahan masakan menggunakan produk-produk kuliner kreatif yang didukung dalam program Ada Di Warung.

"Diharapkan dengan adanya promosi tersebut dapat meningkatkan awareness masyarakat terhadap program ini, khususnya produk pelaku kreatif, yang pada akhirnya akan membantu meningkatkan penjualan," ujarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(sal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini