Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perlu Strategi Agar Produk Halal Bisa Diminati Seluruh Kalangan

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 24 Oktober 2020 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 24 620 2298864 perlu-strategi-agar-produk-halal-bisa-diminati-seluruh-kalangan-Vm64Vcvppa.jpg Maruf Amin (Okezone)

JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan pasar halal global harus menjurus semua kalangan. Tidak hanya diminati oleh negara berpenduduk mayoritas muslim tetapi juga negara berpenduduk non-muslim.

Berdasarkan laporan Global Islamic Economic Report tahun 2019, Brazil merupakan eksportir produk makanan dan minuman halal nomor satu di dunia dengan nilai USD5,5 miliar yang disusul oleh Australia dengan nilai USD2,4 miliar.

 Baca juga: Wapres: RI Harus Jadi Eksportir Produk Halal Terbesar Dunia

"Oleh karena itu, untuk menjadikan Indonesia menjadi pusat produsen produk halal dunia, Indonesia memerlukan langkah-langkah strategis yang dilaksanakan oleh para pemangku kepentingan terkait secara simultan dan kolaboratif," ujar dia, Sabtu (24/10/2020).

Menurut dia, permintaan produk halal oleh konsumen muslim global pun mengalami peningkatan setiap tahunnya. Melansir data dari the State of Global Islamic Economy Report 2019/2020, besarnya pengeluaran konsumen muslim dunia untuk makanan dan minuman halal, pariwisata ramah muslim, halal lifestyle, serta farmasi halal mencapai USD2,2 triliun pada tahun 2018, dan diproyeksikan akan mencapai USD3,2 triliun pada tahun 2024.

 Baca juga: Begini Cara Dorong Industri Halal Nasional Mendunia

"Dengan perkiraan penduduk muslim yang akan mencapai 2,2 milliar jiwa pada tahun 2030, maka angka perekonomian pasar industri halal global akan terus meningkat dengan pesat," ungkap dia.

Dia menambahkan hal ini merupakan potensi yang sangat besar yang harus dimanfaatkan peluangnya oleh Indonesia. "Dengan memenuhi kebutuhan global melalui ekspor produk halal dari Indonesia," tandas dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini