Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Makanan Penghilang Stres, Enak dan Kaya Nutrisi

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 05 Februari 2021 00:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 04 620 2356731 5-makanan-penghilang-stres-enak-dan-kaya-nutrisi-eZU23blRr2.jpg Ilustrasi stres. (Foto: Jcomp/Freepik)

STRES bisa dirasakan siapa saja dan kapan saja. Maka itu, harus diatasi secara serius supaya tidak lebih parah mengganggu kesehatan. Salah satu cara menghilangkan stres bisa melalui asupan makanan sehat. Pasalnya, makanan penghilang stres tersebut mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

Makanan bergizi dan bernutrisi dapat membantu untuk tetap berenergi, sehingga ketika menjalankan aktivitas tetap fit dan tidak mudah lemas. Selain itu, bisa meredakan stres.

Baca juga: 8 Tanda Depresi, Pernah Alami Berapa? 

Dikutip dari laman Healthline, Jumat (5/2/2021), berikut ini makanan yang bisa membantu meredakan stres.

1. Telur

Telur pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda, bahkan sebagian mengonsumsinya setiap pagi untuk sarapan. Rajin mengonsumsi telur akan membuat tubuh kembali berenergi dan menjauhkan dari stres.

Di dalamnya terkandung lesuin yakni asam amino paling melimpah, dan diketahui dapat merangsang produksi energi. Kemudian kaya vitamin B dan enzim.

Telur. (Foto: Son Shine Kitchen)

2. Peterseli

Peterseli adalah tanaman bergizi yang memiliki kandungan antioksidan, yakni senyawa yang menetralkan molekul tidak stabil, disebut radikal bebas dan dapat melindungi dari stres oksidatif.

Stres oksidatif dikaitkan dengan banyak penyakit, termasuk gangguan kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan. Studi menunjukkan, bahwa diet kaya antioksidan dapat membantu mencegah stres dan kecemasan.

Baca juga: 10 Cara Kelola Stres Akibat Pandemi Covid-19 

3. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari merupakan sumber yang kaya vitamin E, larut dalam lemak berubah menjadi antioksidan kuat, dan penting untuk kesehatan mental. Asupan rendah nutrisi ini dikaitkan dengan perubahan suasana hati dan depresi.

Biji bunga matahari juga tinggi nutrisi penurun stres lainnya, termasuk magnesium, mangan, selenium, seng (zinc), vitamin B, dan tembaga.

4. Buah beri

Buah beri kaya akan antiolsudan flavonoid yang memiliki efek anti-inflamasi, dan pelindung saraf yang kuat. Selain itu, dapat membantu mengurangi peradangan terkait stres, serta melindungi dari kerusakan sel terkait dengan stres.

Baca juga: Tidak Gila, Ini Sederet Manfaat Bicara dengan Diri Sendiri 

5. Nasi Merah

Nasi merah merupakan makanan yang sangat bergizi, dibandingkan dengan nasi putih. Jenis nasi atau beras ini lebih memiliki nilai gizi berupa serat, vitamin, dan mineral.

Kemudian berkat kandungan seratnya, beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah. Oleh karena itu, nasi merah dapat membantu mengatur kadar gula darah, dan meningkatkan tingkat energi yang stabil sepanjang hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini