Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sudah Divaksin? Ini Makanan yang Disarankan untuk Dikonsumsi

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 05 Maret 2021 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 05 620 2372789 sudah-divaksin-ini-makanan-yang-disarankan-untuk-dikonsumsi-4L2jgKchss.jpg Ilustrasi vaksinasi covid-19. (Foto: Jcomp/Freepik)
A A A

SEJUMLAH orang melaporkan merasakan efek berbeda-beda usai mendapat vaksin covid-19. Efek samping tersebut misalnya demam, nyeri di lengan, lemas, sampai nyeri di tubuh. Ini akibat dari peradangan yang terjadi di dalam tubuh usai divaksin.

Para ahli mengatakan kondisi tersebut menunjukkan tubuh bereaksi terhadap lonjakan protein dan bekerja melawan infeksi yang dirangsang. Demam, nyeri lengan, nyeri tubuh disebutkan termasuk beberapa gejala umum saat sistem kekebalan tubuh sedang melawan sesuatu.

Baca juga: Alami Benjolan Mirip Kanker Payudara Setelah Vaksin Covid-19? Normal Kok 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merekomenfasikan orang yang menerima vaksin covid-19 untuk minum banyak air, mengingat cairan begitu penting untuk pemulihan tubuh.

Sup. (Foto: Jcomp/Freepik)

Selain itu, disarankan juga mengonsumsi jenis makanan tertentu yang bisa menghidrasi tubuh sehingga membantu proses pemulihan pasca-vaksinasi.

Mengutip dari laman Times of India, Jumat (4/3/2021), jenis makanan yang direkomendasikan adalah sup ayam. Menurut CHEST Journal (CHEST American College of Chest Physician), sup ayam punya dampak pengobatan yang bermanfaat dan memiliki efek anti-inflamasi ringan.

Baca juga: Menkes Budi: Indonesia Butuh 535 Juta Dosis Vaksin Covid-19 

Disebutkan lebih lanjut, manfaatnya akan makin bertambah lebih baik jika di dalam sup ayam dilengkapi jenis makanan penambah imun lainnya. Contohnya kentang, brokoli, kale, sampai kacang-kacangan.

Untuk kuahnya, air kaldu tulang dikatakan mengandung asam amino yakni glisin dan arginin yang mempunyai efek sebagai antiinflamasi yang baik untuk tubuh.

Follow Berita Okezone di Google News

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini