Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Alasan Makan Sup Setelah Vaksinasi Covid-19 Sangat Baik untuk Tubuh

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 05 Maret 2021 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 05 620 2372879 ini-alasan-makan-sup-setelah-vaksinasi-covid-19-sangat-baik-untuk-tubuh-stsXKpVw9Q.jpg Makan sup bagus untuk tubuh usai vaksinasi covid-19. (Foto: Jcomp/Freepik)
A A A

VAKSINASI covid-19 mungkin menyebabkan efek samping ringan pada beberapa orang. Tapi ternyata ada cara meredakannya, salah satunya mengonsumsi makanan sup.

Sup ayam atau apa pun adalah salah satu makanan terbaik yang dapat dikonsumsi setelah mendapatkan suntikan vaksin covid-19. Sebab di dalam makanan ini terdapat banyak kandungan nutrisi.

Baca juga: Sudah Divaksin? Ini Makanan yang Disarankan untuk Dikonsumsi 

Lalu alasan apa lagi yang membuat makanan sup cocok dikonsumsi setelah mendapat vaksin covid-19? Berikut penjelasannya, seperti dirangkum dari laman Times of India, Jumat (5/3/2021).

Vaksin covid-19. (Foto: Freepik)

1. Tubuh mengalami peradangan usai vaksinasi

Sesuai penjelasan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), seseorang mungkin mengalami beberapa efek samping dari penggunaan vaksin covid-19. Menurut para ahli, efek samping ini akibat peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Tubuh bereaksi terhadap protein lonjakan dan bekerja untuk melawan infeksi yang dirangsang.

Demam, nyeri lengan, nyeri tubuh adalah beberapa gejala umum saat sistem kekebalan melawan sesuatu. Maka itu, disarankan mengonsumsi makanan penambah kekebalan untuk mendukung pemulihan yang cepat.

Sangat disarankan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan air tinggi. CDC merekomendasikan untuk minum banyak air, karena cairan penting untuk pemulihan setelah mendapatkan vaksin. Ini berarti makanan anti-inflamasi seperti sup dapat sangat membantu pemulihan.

Baca juga: Pasien Covid-19 Hindari 5 Makanan Ini Supaya Cepat Sembuh 

Follow Berita Okezone di Google News

2. Sup makanan anti-inflamasi yang menghidrasi

Jika merasa tidak enak badan setelah mendapatkan vaksinasi covid-19, sup kaldu sangat bagus untuk tubuh. Jika sup memiliki makanan peningkat kekebalan lainnya seperti kangkung, kacang-kacangan, lentil, kentang, brokoli, maka itu lebih baik.

Lalu sup ayam juga bisa jadi pilihan terbaik. Menurut Jurnal CHEST, sup ayam sebenarnya memiliki efek pengobatan yang bermanfaat dan memiliki efek anti-inflamasi ringan.

Meskipun penelitiannya final, bahan-bahan yang digunakan seperti ayam, wortel, seledri, peterseli, garam, dan merica semuanya membantu melawan peradangan.

Kaldu tulang memiliki asam amino yang disebut glisin dan arginine yang memiliki efek anti-inflamasi yang kuat. Jadi jika tidak ingin makan apa pun, cukup menyesap secangkir kaldu tulang.

Baca juga: 10 Makanan yang Mampu Mengunci Kelembapan Kulit saat Musim Hujan 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini