Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tingkatkan Kinerja, Kemenag Susun Strategi Akselerasi Reformasi Birokrasi

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 620 2469303 tingkatkan-kinerja-kemenag-susun-strategi-akselerasi-reformasi-birokrasi-ykjU6W765j.jpg Ilustrasi Kementerian Agama (Kemenag). (Foto: Okezone)

SEKRETARIS Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) Nizar mengatakan pihaknya sedang menyusun strategi akselerasi reformasi birokrasi untuk meningkatkan kinerja setiap satuan kerja di sana. Ditargetkan strategi ini dapat diselesaikan dalam Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Reformasi Birokrasi (Rakor Pokja RB) Kemenag.

Rakor Pokja RB Kemenag ini berlangsung selama tiga hari pada 8–10 September 2021 di Bogor, Jawa Barat. Rakor yang diikuti 135 peserta ini digelar secara luring dan daring.

Baca juga: Program Sertifikasi Halal Gratis UMK, Apa Kelebihannya? 

"Rapat koordinasi ini harus mampu menghasilkan strategi akselerasi, informasi, dan peta progress capaian implementasi reformasi birokrasi yang konkret," ungkap Nizar saat membuka Rakor Pokja RB, Rabu 8 September 2021.

Strategi akselerasi ini selanjutnya disajikan kepada Tim Penilai Nasional (TPN) Reformasi Birokrasi dalam pelaksanaan evaluasi tahun 2021. Nizar juga mengingatkan, reformasi birokrasi bukanlah bersifat sentralistik.

Baca juga: Kemenag Buka Peluang Bentuk Unit Pengumpul Zakat di KUA 

"Reformasi birokrasi ini harus menjadi tanggung jawab bersama. Harus dimotori oleh para pejabat strategis Kementerian Agama di pusat dan di daerah," tegasnya, seperti dikutip dari laman resmi Kemenag.

"Reformasi Birokrasi Kemenag harus mampu mendorong setiap satuan kerja agar manfaat dan keberadaannya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat," imbuhnya.

Ia menerangkan, reformasi birokrasi dapat terwujud bila ada perubahan mindset dan culture set Kemenag. "Perubahan mindset dan culture set harus terus didorong agar birokrasi mampu menunjukkan performa/kinerjanya," ujar Nizar.

Nizar mengingatkan tugas lainnya yang harus dilakukan dalam rakor adalah mendata progres tindak lanjut atas evaluasi RB tahun lalu. "Terpenting dalam rakor ini, silakan di-listing, apakah evaluasi reformasi birokrasi tahun lalu sudah ditindaklanjuti belum. Apa evaluasinya, bagaimana tindak lanjutnya," tegasnya.

Baca juga: Tingkatkan Layanan, Kemenag Buat Program Satu Data KUA 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini