Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemandirian Gula, Sub Holding PTPN Gandeng Perbankan

Khairunnisa, Jurnalis · Selasa 13 Desember 2022 11:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 13 620 2726077 kemandirian-gula-sub-holding-ptpn-gandeng-perbankan-JfmBOnvnmX.jpg Kemandirian Gula, Sub Holding PTPN Gandeng Perbankan (Foto: Medical Daily)
A A A

JAKARTA - PT Sinergi Gula Nusantara (SGN) selaku sub-Holding PT Perkebunan Nusantara III (Persero) memperkuat kemitraan dengan berbagai stakeholders, khususnya pada sektor perbankan.

Hal ini untuk meningkatkan penguatan guna mengakselerasi terlaksananya insiatif-inisiatif strategis yang telah ditetapkan dalam rangka mewujudkan kemandirian gula nasional.

"Menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi ketika berkunjung ke Jawa Timur 4 November lalu, berbagai inisiatif terus dilakukan, mulai dari upaya perluasan lahan tebu, baik melalui program Agroforestry bersinergi dengan Perhutani, maupun kerja sama lahan dengan para petani tebu," kata Direktur SGN Suhendri dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa (13/12/2022).

BACA JUGA:Mendag Zulhas: Izin Impor Gula Belum Ada 

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan modal petani SGN bersinergi dengan perbankan di antaranya Bank Jatim dan Bank BNI melalui program KUR (Kredit Usaha Rakyat) dan Non KUR sehingga petani tebu dapat menanam tebu dengan modal kerja yang semakin baik.

Untuk kerja sama lahan, SGN bertindak sebagai off taker dan membantu kelancaran penyediaan sarana dan prasarana pertanian untuk budidaya tanaman tebu serta memberi bantuan pembinaan teknis pengelolaan budidaya tebu untuk memastikan tata kelola teknis dilakukan sesuai standar terbaik.

Saat ini SGN membina 15 ribu petani tebu dengan total luas lahan tebu milik petani mencapai 118ribu hektare dengan 60% di antaranya berada di wilayah Jawa Timur.

Kerja sama dengan Bank Jatim menjadi cukup strategis, mengingat 24 dari 36 Pabrik Gula yang dikelola oleh SGN berada di Jawa Timur. Bank Jatim sebagai bank milik masyarakat Jawa Timur berkomitmen untuk pengembangan perekonomian Jatim, terutama di bidang perkebunan.

Bank Jatim telah mengalokasikan pendanaan sebesar Rp500 miliar untuk kebutuhan modal kerja petani tebu mitra SGN di Jawa Timur dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Non KUR Petani Tebu Rakyat.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Sejalan dengan kerja sama perbankan lainnya, SGN melakukan perjanijan kerja sama dengan Bank BNI yang sebelumnya telah melakukan penyaluran modal kerja dari BNI untuk petani tebu mitra SGN sebesar Rp908 miliar melalui skema KUR dan sebesar Rp186 miliar untuk non KUR dengan total penyaluran modal kerja untuk lebih 8 ribu petani tebu mitra SGN.

Hingga akhir November 2022, sebanyak 8.618 petani mitra SGN telah terbantu permodalannya melalui BNI dengan nilai Rp1,1 triliun dengan skema KUR dan Non-KUR dan termasuk dalam pinjaman lancar atau zero Non Performing Loan (NPL).

Selanjutnya, jumlah permodalan akan terus ditingkatkan untuk 15 ribu lebih petani tebu rakyat dengan potensi kerja sama senilai hampir Rp2 triliun. Upaya kerja sama ini diharapkan akan meningkatkan pemenuhan kebutuhan petani mitra, sehingga harapannya teta kelola kultur teknis, maka produktivitas akan naik dan berdampak pada meningkatkan kesejahteraan petani tebu melalui peningkatan sisa hasil usaha tani tebu.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini