Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jaga Pasokan BBM, BPH Migas Siapkan Posko Nataru 2023

Heri Purnomo, Jurnalis · Senin 19 Desember 2022 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 19 620 2729992 jaga-pasokan-bbm-bph-migas-siapkan-posko-nataru-2023-ErV9UrWuQu.jpg Pertamina. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) membuka posko nasional sektor ESDM, untuk memenuhi pasokan dan pendistribusian BBM selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Kepala BPH Migas, Erika Retnowati menyampaikan, posko nasional sektor ESDM berlangsung selama 17 hari, mulai tanggal 19 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023.

"Meskipun baru kick off hari ini, tapi sudah dari awal bulan ya sudah dilakukan koordinasi dari tim teknis kami dengan stakeholder terkait. Posko ini ditempatkan di gedung BPH Migas ya," kata Erika di Gedung BPH Migas, Senin (19/12/2022).

 BACA JUGA:Uji Biodiesel 40% Rampung, RI Segera Kurangi Impor BBM                                                                                                                                                                                                                    

Erika mengatakan, pembuatan posko nasional sektor ESDM juga sejalan dengan SK nomor 897.K/HK02/SCNR2022 tentang tim posko nasional sektor ESDM, dalam rangka koordinasi pengawasan penyediaan dan pendistribusian BBM, gas, listrik serta antisipasi kebencanaan geologi, untuk mengamankan hari raya Natal Tahun 2022 dan tahun baru 2023.

"Dalam pelaksanaan tugas harian nantinya ketua BPH akan dibantu oleh Direktur BBM, BPH Migas selaku penanggung jawab harian," katanya.

Erika mengatakan bahwa berdasarkan Rapat Koordinasi anggota posko sebelumnya, adapun beberapa hal yang dapat disampaikan sebagai berikut:

1. Secara Umum Kondisi Ketahanan stok BBM aman, baik Gasoline, Gasoil, Kerosene maupun Avtur, dengan Ketahanan stok di atas 17 hari.

Diprediksi akan terjadi peningkatan Demand Harian BBM selama Nataru, Gasoline kurang lebih 5%, Kerosene kurang lebih 4% dan untuk Avtur kurang lebih 50%, sementara Gasoil diperkirakan turun sekitar 3%.

2. Kondisi stok LPG Nasional dijaga dalam kondisi aman, dengan coverage days LPG Nasional berkisar 15 hingga 17 hari.

Ketersediaan LPG dijaga dengan penambahan pasokan LPG, baik fakultatif maupun extra dropping (apabila diperlukan).

Rata-rata alokasi harian Agen/Penyalur LPG Tabung 3 Kg untuk bulan Desember 2022 lebih tinggi 8,97% dari bulan November 2022.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Kegiatan Niaga, Pengangkutan, Penyimpanan dan Penyaluran Gas melalui Pipa maupun melalui SPBG beroperasi Aman dan Normal serta Berfungsi Baik.

Subholding gas siap untuk menjaga kehandalan penyaluran gas ke rumah tangga (jargas) sebanyak 748.935 SR, 4.295 pelanggan komersial Industri, menyalurkan BBG melalui 11 SPBG dan 3 MRU, serta mendukung PLN Group dalam menyalurkan energi listrik berbahan bakar Gas dengan aman dan handal.

4. Kondisi pasokan tenaga listrik saat Nataru 2023 pada umumnya berada pada kondisi aman dan cadangan terpenuhis serta tidak melakukan pekerjaan/pemeliharaan yang dapat mengganggu pasokan listrik selama periode siaga Nataru kecuali pekerjaan perbaikan yang disebabkan gangguan.

5. Telah dibentuk tim tanggap darurat Bencana Geologi yang akan merespon dengan cepat setiap bencana yang terjadi dan siaga dalam waktu 24 jam.

Serta untuk meningkatkan pemantauan gunungapi secara cermat di beberapa gunungapi aktif, membuat laporan/tanggapan dan rekomendasi teknis penanggulangan bencana geologi (letusan gunungapi, gempabumi, tsunami, dan gerakan tanah).

Laporan disampaikan kepada Pemerintah Pusat, Pemda, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan dinas terkait yang menangani kebencanaan geologi.

“Dengan semangat kolaborasi dan sinergitas anggota posko serta sinergitas antar instansi yang baik, posko nasional sektor ESDM ini dapat berjalan lancar dan produktif masyarakat Indonesia pada umumnya” tutup Erika.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini