Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Menkop UKM Tingkatkan Kembali Kepercayaan Masyarakat ke Koperasi

Ikhsan Permana, Jurnalis · Senin 24 Juli 2023 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2023 07 24 620 2851134 cara-menkop-ukm-tingkatkan-kembali-kepercayaan-masyarakat-ke-koperasi-UE07KT5ywv.JPG MenkopUKM Teten Masduki (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki menyebut perlunya revolusi mental untuk meningkatkan citra koperasi sehingga semakin dipercaya oleh publik di Tanah Air.

Dia meyakini bahwa persepsi buruk soal koperasi dapat diubah salah satunya melalui program Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) terkait revolusi mental yang harus diimplementasikan dalam membangun koperasi di lingkungan pendidikan.

 BACA JUGA:

"Karena revolusi mental itu harus nyata dampak perubahannya. Bahkan bisa menghasilkan kesejahteraan dalam membangun perekonomian rakyat. Membangun usaha tak harus dengan modal besar atau konglomerat, tapi bagaimana bisa berkembang dengan modal yang kecil. Cara berpikir seperti ini yang harus direvolusi," ucap Teten dalam keterangannya dikutip Senin (24/7/2023).

Menteri Teten mengungkapkan, koperasi bukan sekadar entitas bisnis atau usaha bersama.

Melainkan lewat koperasi, ide-ide tentang kebersamaan, gotong-royong, kekeluargaan, nilai solidaritas sosial, hingga kerja sama mampu memperkuat ekonomi rakyat.

 BACA JUGA:

Koperasi lanjut Teten, hadir sebagai instrumen untuk melakukan revolusi mental melalui pengajaran atau edukasi kepada masyarakat agar memiliki kepedulian sosial, mau membangun sistem sosial yang baik dan berkeadilan.

Follow Berita Okezone di Google News

"Membangun revolusi mental koperasi penting bagi kita. Karena saat ini citra koperasi itu sudah menurun di kalangan masyarakat. Koperasi citranya kalau tidak bergeraknya di sektor marginal, ada juga ekonomi subsisten hanya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, kemudian koperasi gagal bayar yang pengurus koperasinya merampok uang anggota, sampai rentenir pinjol (pinjaman online) berkedok koperasi dengan bunga yang tinggi, semua ini bisa kita ubah persepsinya menjadi lebih baik dengan revolusi mental," kata MenKopUKM.

 BACA JUGA:

Tak hanya itu, Menteri Teten juga menyoroti Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang menurut dia perlu melakukan perbaikan dalam implementasinya.

Kehadiran KSP masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat unbankable atau peminjam mikro meskipun bunganya tinggi.

"Karena rata-rata di koperasi itu bunganya di atas bunga bank. Ini juga yang harus diubah. Harusnya jati diri koperasi itu memberikan pinjaman murah. Yang ada kenapa koperasi bunganya lebih mahal padahal itu kan untuk rakyat kecil. Seharusnya dengan bunga yang murah, anggota koperasi yang memiliki usaha mikro bisa meminjam dan usahanya lebih kompetitif," tuturnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini