Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada Hand Sanitizer Palsu, Ini Ciri-Ciri yang Asli

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 01 April 2020 16:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 01 620 2192452 waspada-hand-sanitizer-palsu-ini-ciri-ciri-yang-asli-EeWh1RSIKY.jpeg Waspada Hand Sanitizer Palsu (Foto: Huffingtonpost)
A A A

Menghadapi wabah corona ini banyak orang yang mengalami panic buying, salah satunya mereka beramai-ramai berburu hand sanitizer. Sebab hand sanitizer jadi salah satu andalan dalam perang menghadapi wabah corona.

Bahkan sebulan terakhir banyak warga yang tertipu saat membeli hand sanitizer. Rupanya orang jahat mencari keuntungan di tengah pandemi corona dengan menjual hand sanitizer palsu demi mengeruk keuntungan.

Pakar Farmasi Universitas Airlangga, Dr. Retno Sari, MSc., Apt mengatakan, memang tidak ada perlindungan bagi masyarakat ketika mereka membeli produk yang tidak memiliki izin. Akibatnya mereka tidak bisa menuntut para penjual tersebut.

Jumlah korban positif corona

"Sebenarnya setiap produk hand sanitizer harus ada izin edarnya. Produk hand sanitizer itu sendiri merupakan produk yang masuk dalam kelompok perbekalan kesehatan rumah tangga (PKRT)," kata Dr. Retno Sari.

(Baca Juga : Ternyata Keseringan Pakai Hand Sanitizer Berbahaya Loh)

Kebijakan terkait ijin edar PKRT mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan No.1190/Menkes/Per/VIII/2010 tentang izin Edar Alat Kesehatan dan PKRT.

“PKRT merupakan alat, bahan atau campuran untuk pemeliharaan dan perawatan kesehatan manusia, yang ditujukan untuk penggunaan di rumah tangga atau fasilitas umum,” ujar Dr. Retno Sari, Rabu (1/4/2020).

hand sanitizer pembunuh corona

(Baca Juga : BPOM Keluarkan Edaran Bahan Membuat Hand Sanitizer Anjuran WHO)

Produk hand sanitizer merupakan antiseptik yang termasuk dalam kategori kelas satu risiko rendah. Artinya, produk tersebut tidak memiliki risiko terhadap kesehatan individu atau masyarakat selama digunakan sesuai dengan peruntukannya.

(Baca Juga : Cara Membuat Hand Sanitizer untuk Cegah Korona COVID-19)

Pada kasus produk hand sanitizer yang diproduksi oleh pabrik palsu, maka tidak ada jaminan bahwa produk tersebut efektif untuk membunuh mikroorganisme seperti jamur dan virus. “Produk hand sanitizer yang dijual oleh pembuat yang tidak berkompeten tidak dapat dipertanggungjawabkan efektivitasnya dalam melawan virus,” terang Dr. Retno Sari.

Follow Berita Okezone di Google News

Salah satu ciri produk telah mendapatkan izin edar adalah terdapat tulisan nomor izin edar dari kemenkes. Sayangnya, masih ada kemungkinan para oknum memalsukan dengan meniru nomor izin edar yang disertakan pada kemasan.

Oleh karena itu, salah satu upaya yang bisa dilakukan masyarakat adalah berhati-hati dalam membeli produk. Selain itu dalam membeli produk hand sanitizer, harusnya di tempat yang jelas seperti di toko-toko resmi atau apotek.

(Baca Juga : Ini Resep Hand Sanitizer ala Dosen Farmasi UNAIR)

pembuatan hand sanitizer

Seperti dilansir dari Sindonews, apabila terpaksa membeli hand sanitizer di e-commerce, maka harus pandai-pandai melihat review produk yang akan dibeli. Sebab, banyak pedagang yang menjual produk baik tapi juga ada yang menjual produk tidak berkualitas bahkan penipuan. “Untuk itu, masyarakat diharapkan dapat berhati-hati memilih dan membeli produk. Cermati tulisan tentang komposisi dan izin edar yang tertera pada label,” jelasnya.

Cuci tangan pakai sabun tetap pilihan terbaik

Meski hand sanitizer merupakan cairan antiseptik. Namun hand sanitizer tidak dapat membersihkan seluruh kuman dan virus di tangan Anda. Namun paling tidak hand sanitizer dapat menurunkan jumlahnya.

Tapi berhati-hatilah! Penggunaan hand sanitizer menjadi tidak efektif bila tangan Anda sangat kotor atau berminyak.

cuci tangan metode paling ampuh tangkal corona

Cara penggunaan hand sanitizer memang mudah. Tuangkan hand sanitizer secukupnya di telapak tangan, gosokkan, dan ratakan di seluruh permukaan tangan dan di sela-sela jari. Lalu biarkan cairan ini mengering.

Meskipun sudah memakai hand sanitizer, sejatinya mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir merupakan pilihan yang terbaik untuk menjaga kebersihan tangan dan mencegah penyebaran penyakit seperti virus corona. Oleh karena itu imbauan pemerintah di berbagai belahan dunia adalah, jangan lupa cuci tangan, bukan jangan lupa pakai hand sanitizer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini