Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gejala Covid-19 Picu Infeksi Usus, Apa Sebabnya?

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Sabtu 05 Desember 2020 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 05 620 2322272 gejala-covid-19-picu-infeksi-usus-apa-sebabnya-tohxu9Sa7m.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
A A A

SALAH satu gejala Covid-19 adalah gangguan saluran pencernaan atau infeksi usus. Lalu, apa korelasinya?

Spesialis Gastroenterologi dr Wifanto Saditya Jeo, Sp.B-KBD di Siloam Hospitals Kebon Jeruk mengatakan, ada banyak gejala Covid-19 yang dialami pasien terinfeksi. Termasuk gangguan pencernaan atau infeksi usus.

"Kita menghadapi Covid-19 yang virusnya akan terus ada. Hampir semuua organ bisa, bisa jadi jalur masuk Covid-19," tuturnya saat webinar, Sabtu (5/12/2020).

 corona

Dokter Wifanto menjelaskan, virus corona punya reseptor khusus yang umumnya ada di saluran napas dan saluran cerna. Jika menyerang saluran napas, maka pasien bisa kehilangan indera pengecapan dan penciuman.

Sementara jika kondisinya semakin parah, reseptor juga bisa mengganggu saluran cerna. Hal ini yang membuat pasien mengalami gangguan pencernaan, disertai dengan gejala lainnya.

"Reseptor ini juga ada di dalam usus, maka pertama kali pasien bisa sakit perut, diare atau gangguan penceraan lain dan reseptor yang diinfeksi virus itu ada di saluran cerna," tambahnya.

Baca Juga: Cegah Covid-19 dengan Konsumsi Teh Hijau dan Cokelat Hitam 

Follow Berita Okezone di Google News

Oleh karenanya, Dokter Wifanto mengingatkan masyarakat untuk menghindari faktor risiko terinfeksi Covid-19. Patuhi protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak hingga mencuci tangan) bila pergi keluar rumah dan jangan sampai kendor!

Selain itu, Anda juga harus menjaga imunitas. Semakin bertambah usia, kata Dokter Wifanto, risikonya semakin tinggi terinfeksi Covid-19 bila tak mematuhi protokol kesehatan.

"Kita mesti menjaga lagi kondisi badan dan protokol 3M agar menghindari kondisi terinfeksi yang lebih berat. Cegah, jangan sampe memiliki gejala," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini