Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kulit Jeruk Ternyata Ampuh Tangkal Virus Corona

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 28 Maret 2020 00:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 28 620 2190229 kulit-jeruk-ternyata-ampuh-tangkal-virus-corona-q87bkDjJrF.jpg Kulit Jeruk Efektif Mencegah Corona (Foto: Ehow)
A A A

Sejak pandemi virus corona, peneliti Indonesia mulai mencari alternatif suplemen alami yang dapat menangkal COVID-19. Jika sebelumnya empon-empon dipercaya mampu melawan COVID-19, kini ada kulit jeruk.

Nah, sejak Indonesia diumumkan pertama kalinya terdapat kasus positif virus corona atau COVID-19 pada 2 Maret 2020, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengimbau masyarakat untuk tidak panik. Menkes Terawan justru meminta masyarakat untuk menjaga imunitas, serta mengelola stres.

Sementara itu, masyarakat juga diajak lagi mengingat-ingat program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat alias Germas. Saat menerapkan Germas, salah satunya terdapat ajakan untuk makan buah dan sayur. Ya, makan buah dan sayur itu sendiri dapat meningkatkan imunitas.

Dari situlah para peneliti Indonesia mulai unjuk gigi mencari cara untuk melawan COVID-19. Salah satunya mengandalkan buah-buahan yang banyak tumbuh di Indonesia, yakni jeruk.

Tim periset dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Farmasi UI, Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University dan Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University melakukan penelitian bioinformatika, untuk menemukan senyawa yang berpotensi untuk melawan COVID-19. Senyawa tersebut adalah golongan flavonoid, salah satunyaa adalah hesperidin. Hesperidin ini disinyalir bisa memberikan perlindungan terhadap mikroba dan virus.

(Baca Juga : Zat dalam Daun Ganja Dapat Tangkal Corona)

Lantas senyawa hesperidin tersebut didapatkan dari mana? Guru Besar IPB University yang juga Kepala Pusat Biofarmaka Tropika (TropBRC), Prof Irmanida Batubara mengungkapkan, senyawa hesperidin banyak ditemukan di kulit buah jeruk. Di rumah Anda dapat mengonsumsi sari jeruk beserta kulitnya yang sudah dicuci bersih.

(Baca Juga: Anti-Virus Korona Pakai Rempah-Rempah)

"Memang akan terasa sedikit pahit. Nah tahanlah sedikit rasa pahitnya, karena ini menunjukkan hesperidin ada di dalamnya,” ujar Prof Irmanida, lewat keterangan tertulis yang diterima Okezone.

(Baca Juga: Propolis Diklaim Tangkal Virus Korona COVID-19)

Namun ada cara yang lebih menyenangkan ketika Anda mengonsumsi kulit jeruk. Ingat tidak dengan infused water? Ya, Anda bisa membuat infused water dari kulit jeruk loh, Okezoners. Nantinya beberapa senyawa dari kulit jeruk itu akan larut dalam air. Sehingga tak perlu khawatir nutrisinya hilang.

(Baca Juga: Cendol Dawet Daun Kelor, Penangkal Korona COVID-19)

Karena jeruk punya beragam jenis, lantas jeruk mana yang paling ampuh melawan COVID-19? Prof Irmanida mengatakan, semua jenis jeruk mengandung hesperidin kok. "Jadi tidak harus jeruk buah, kita juga bisa memanfaatkan kulit jeruk nipis, jeruk lemon dan varietas jeruk lainnya,” tambahnya.

(Baca Juga: Doa Selamat dari Segala Jenis Penyakit, Termasuk Corona)

Terlepas dari kulit jeruk dapat melawan COVID-19, Anda harus tetap melakukan physical distancing, serta meningkatkan kebersihan diri. Konsumsilah makanan bergizi lainnya untuk menjaga imunitas, cuci tangan dengan sabun, berdiam diri di rumah dan lainnya. Sebabnya, menjaga kesehatan memang sangat penting untuk memutus rantai penularan COVID-19 agar tak semakin mengkhawatirkan.

Follow Berita Okezone di Google News

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini