Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Lindungi Diri dari Virus Corona Saat Naik Kendaraan Umum

Fahmi Firdaus , Jurnalis · Senin 30 Maret 2020 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 30 620 2191298 cara-lindungi-diri-dari-virus-corona-saat-naik-kendaraan-umum-VORXkSpse3.jpg Penumpang Kendaraan Umum (Foto: Okezone)
A A A

PEMERINTAH mengupayakan kebersihan dan layanan transportasi publik seperti kereta rel listrik (KRL), bus, moda raya terpadu (MRT) tetap terjaga di tengah wabah virus corona (COVID-19).

Selain itu, penetapan protokol jaga jarak atau physicial distancing di setiap transportasi publik baik darat, laut, maupun udara sudah diterapkan. Ini merupakan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memutus rantai penyebaran virus corona (COVID-19) di Indonesia.

Namun, masyarakat harus tetap berhati-hati terutama saat menggunakan sarana transportasi publik seperti KRL. Pasalnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut gerbong kereta rel listrik (KRL) berpotensi jadi tempat penyebaran virus corona di ruang publik. Meski belum ada kasus penularan di kereta, namun hal ini perlu diwaspadai.

Gerbong KRL Longgar

(Baca Juga : Keluh Kesah Pengguna KRL terhadap Penerapan Social Distancing)

Lantas, bagaimana cara aman bagi masyarakat yang terpaksa bepergian ke luar rumah dan harus menggunakan transportasi umum agar terhindar dari virus corona?

Berikut ini adalah tips aman naik kendaraan umum agar terhindar dari virus corona (COVID-19) seperti dilansir The List, Senin (30/3/2020).

(Baca Juga : Kisah di Tengah Pandemi Corona, Sekali Bersin Serasa Dilirik Satu Gerbong Penumpang KRL)

KRL angkutan publik

Sejumlah ahli mengatakan, para penumpang sebaiknya menyimpan ponsel atau handphone saat berada di transportasi umum. Profesor penyakit menular, Amira Roess mengatakan, para penumpang dapat meletakkan ponsel di lokasi yang aman.

HP Corona

Roess meminta penumpang untuk meletakkan ponsel berbeda dari tempat biasanya. Ia juga mengingatkan penumpang untuk membersihkan ponsel secara teratur, dan mencuci tangan dengan benar setelah Anda memegang ponsel.

Follow Berita Okezone di Google News

Apabila Anda adalah seorang pengguna kereta, jangan menyentuh pegangan tangan yang ada di dalam kereta. Karena, ada penumpang mungkin terjangkit COVID-19 dan meninggalkan jejak virus bagi penumpang lainnya pada bagian-bagian kereta, terutama pada pegangan tangan yang banyak dijumpai.

Selain itu cobalah untuk berlatih menjaga jarak sosial dengan jarak tiga hingga enam kaki dari penumpang lain, terutama bagi siapa saja yang batuk.

APD corona

(Baca Juga : Viral Pakaian Dalam Perempuan di Lantai KRL, Netizen: Jadi Ingat Film Jepang)

Namun jika terpaksa, Anda bisa mengambil sesuatu menggunakan tangan yang dilap menggunakan tisu basah. Buanglah tisu tersebut di tempat sampah selesai digunakan. Jaga tangan tetap bersih dan cucilah kedua tangan dengan benar sesegera mungkin.

Saat pandemi COVID-19, pembersih tangan atau hand sanitizer sangat penting. Terutama bagi Anda yang menggunakan transportasi umum. Jika Anda tidak memiliki akses ke air atau sabun segera, gunakan pembersih tangan berbasis alkohol.

Hand Sanitizer corona

(Baca Juga : Viral Perjuangan Berat Penumpang Kereta untuk Pulang, Netizen: Jadi Sarden)

Pandai-pandailah mengatur waktu bepergian ketika naik transportasi umum, bepergian sebaiknya saat volume penumpang sedang kurang ramai. Mencoba bersepeda atau berjalan kaki juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain bisa menghindari pandemi COVID-19, bersepeda atau berjalan kaki ke tempat tujuan bisa membuat badan menjadi menjadi lebih bugar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini