Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Musisi Jazz Senior Benny Likumahuwa Meninggal Dunia

Wilda Fitria, Jurnalis · Selasa 09 Juni 2020 10:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 09 620 2226741 musisi-jazz-senior-benny-likumahuwa-meninggal-dunia-LsZsGBeblJ.jpg Benny Likumahuwa meninggal dunia.
A A A

MUSISI jazz senior Benny Likumahuwa meninggal dunia, Selasa (9/6/2020). Kabar duka dibenarkan oleh rekan band Benny di The Rollies, Oetje F. Tekol lewat Adib Hidayat.

Kepergian Benny Likumahuwa untuk selama-lamanya tentu menyisakan duka mendalam bagi musisi Tanah Air. Musisi lain pun terpantau ikut berduka cita atas meninggalnya anggota band The Rollies tersebut.

alah satu ungkapan bela sungkawa disampaikan Gerlad Situmorang. Lewat akun Twitter-nya, Gerald menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya Benny Likumahuwa.

"RIP Om Benny Likumahuwa. Turut berduka cita mas @BarryLikumahuwa hiks," tulisnya di Twitter.

Selain itu, putra aktris senior Widyawati, Octaviano Prakasa Sophiaan turut berduka atas meninggalnya sang paman. Hal tersebut disampaikannya melalui unggahan Instagram.

Benny Likumahuwa.

Octaviano membagikan potret hitam putih Benny Likumahuwa semasa hidup saat sedang bermain alat musik trombon. Bersamaan dengan foto tersebut, ia menuliskan kalimat singkat untuk melepas kepergian sang paman.

Baca juga: Perjalanan Benny Likumahuwa, Anggota Band The Rollies yang Go International

"Om Benny, sampai kita bertemu lagi 😢😢 #bennylikumahuwa #uncle #musician #therollies #passedawaytoday," tulis Octaviano.

Musisi dengan Segudang Prestasi

Banyak prestasi yang telah ditorehkan Benny di dunia musik Tanah Air. Benny mengenal musik dari sang bunda. Pria kelahiran Kediri, Jawa Timur ini memilih mendalami musik jazz.

Mengutip berbagai sumber, rupanya bakat bermusik yang mengalir di darahnya membuat Benny kecil yang belajar musik sejak usia 8 tahun tidak terlalu kesulitan untuk mempelajari notasi musik secara otodidak.

Berbagai alat musik pun bisa ia taklukkan, mulai dari conga dan bongo, kemudian bass yang menjadi spesialisnya waktu itu, dan beberapa alat musik tiup.

Benny Likumahuwa.

Ia diketahui banyak berpartisipasi dalam festival Jazz. Seperti The Singapore Jazz Festival pada 1986, The Jakarta Jazz Festival pada 1988, The North Sea Jazz Festival pada 1990 di Belanda, The Asean Jazz Festival di Kuala Lumpur pada 1992, dan Malaysia Jazz Festival pada 1994.

Pria dengan zodiak Gemini ini berhasil meraih beberapa penghargaan berkat keahliannya dalam bermusik. Di antaranya seperti The Most Dedicated Indonesian Jazz Artist oleh Java Jazz Festival pada 2009, dan Penghargaan dari Ambon Jazz Plus pada 2009.

Selain menjajahi panggung, Benny juga memiliki karir lain, seperti menjadi Kepala Institut Musik Indonesia (IMI), Kepala sekolah musik Gladiresik Music Lab, hingga Guru musik di sekolah musik Farabi.

Rupanya, darah musisinya kini diwarisi oleh anak laki-lakinya yang bernama Barry Likumahuwa. Putranya itu kini menjadi salah satu musisi jazz yang berspesialisasi pada alat musik bass.

Follow Berita Okezone di Google News

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini