Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Abi Bidok Ulama Kharismatik Pidie Jaya Meninggal Dunia

Salman Mardira, Jurnalis · Senin 24 Agustus 2020 17:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 24 620 2266713 abi-bidok-ulama-kharismatik-pidie-jaya-meninggal-dunia-x7UIr0h8Xu.jpg ilustrasi (Okezone)
A A A

JAKARTA – Seorang ulama kharismatik di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Teungku Abi Syarifuddin Jalil atau biasa disapa Abi Bidok meninggal dunia, Senin (24/8/2020). Abi Bidok meninggal akibat komplikasi penyakit yang mendera tubuhnya dalam beberapa tahun terakhir.

“Tadi meninggal jam 10 pagi di rumahnya,” kata Razali, seorang sahabat Abi Bidok kepada Okezone melalui telepon.

Baca juga: 4 Ulama Kharismatik Aceh Murid Abuya Muda Waly 

Abi Bidok merupakan pendiri sekaligus pengasuh Dayah (Pondok Pesantren) Istiqamatuddin Daruzzahidin di Gampong (Desa) Bidok, Kecamatan Ulim, Pidie Jaya. Dayah ini memiliki ratusan murid dari berbagai daerah di Aceh.

Ribuan warga melayat dan mensholati jenazah Abi Bidok di masjid Kompleks Dayah Istiqamatuddin Daruzzahidin. Jenazah ulama tasawuf itu dimakamkam di kompleks pesantrennya.

Baca juga: Ulama Aceh: Virus Corona Sudah Ajak Perang, Kita Jangan Lalai! 

Menurut Razali, sejumlah warga, santri, tokoh agama, pejabat dan politisi terus berdatangan melayat ke rumah duka sejak pagi tadi.

 

Abi Bidok merupakan sosok ulama yang disegani dan dihormati masyarakat setempat. Selain mengasuh pesantren, Abi Bidok juga sering mengisi pengajian-pengajian di masjid-masjid maupun meunasah (sejenis surau).

Namun, dalam setahun terakhir sudah jarang keluar dari kompleks pesantrennya karena sakit. 

Follow Berita Okezone di Google News

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini