Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ulama Aceh: Virus Corona Sudah Ajak Perang, Kita Jangan Lalai!

Salman Mardira, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 620 2257426 ulama-aceh-virus-corona-sudah-ajak-perang-kita-jangan-lalai-CfqroQgoC4.jpg Teungku Nuruzzahri Yahya atau Waled Nu (Instagram)
A A A

ULAMA kharismatik Aceh, Teungku H. Nuruzzahri Yahya atau biasa disapa Waled Nu mengatakan, Covid-19 sudah mengajak perang dengan manusia, sehingga masyarakat jangan lalai dan wajib mematuhi protokol kesehatan untuk melawan wabah tersebut sekaligus mencegah penularannya.

Hal itu disampaikan Waled Nu yang juga pimpinan Dayah (Pondok Pesantren) Ummul Ayman menyusul meningkatnya kasus positif Covid-19 di sejumlah daerah, terutama di Aceh yang dalam dua pekan terakhir kasusnya melonjak signifikan, sementara aktivitas belajar mengajar tatap muka di pesantren dan sekolah mulai digelar kembali.

“Pertama sekali kita harus yakin virus corona itu makhluk Allah SWT. Tak akan memberikan mudharat sedikitpun, kalau tidak karena seizin dan kehendak Allah itu sendiri,” kata Waled Nu dalam maklumatnya disampaikan melalui video yang kemudian beredar di media sosial, Rabu (5/8/2020).

Rais Syuriah Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Aceh ini mengajak semua muslim memohon perlindungan, bertawakal dan menyerahkan diri kepada Allah, agar terhindar dari virus corona yang disebutnya sebagai “kejahatan”.

Baca juga: Ledakan di Beirut, Ini Fakta Unik Lebanon yang Pernah Berjaya dalam Sejarah Islam

“Kedua, kita selaku hamba yang serba kekurangan, dalam syariat pun diimbau bahkan diharuskan dan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat mengantisipasi, mengurangi, terhindar dan terjangkit penyakit, lebih-lebih penyakit menular, karena berusaha memelihara diri menurut Rasulullah merupakan salah satu obat utama, daripada harus berobat sesudah sakit,” ujar Waled Nu.

“Oleh karena itu, maka kini sudah saatnya ayah, ummi dan murid-murid Ummul Ayman dan warga Nahdliyin di mana saja berada. Virus Corona ini sudah mengajak perang dengan kita semua. Maka jangan lalai, selain kita berlindung kepada Allah dari kejahatan-kejahatan yang timbul dari makhluk Allah itu, mari kita berusaha semaksimal mungkin, dengan apa daya yang ada pada diri kita.”

Dalam melawan virus corona, Waled Nu, mengajak masyarakat menaati protokol kesehatan dan petunjuk ahli kesehatan. “Apabila berhubungan dengan penyakit kita harus percaya dengan ahli kesehatan atau ahli yang paham penyakit tersebut,” tukasnya.

Ulama yang dijuluki sebagai ‘ayahnya anak yatim’ ini mengingatkan bahwa Covid-19 menular lewat cairan tubuh atau droplet yang keluar lewat ludah, mulut, hidung, bahkan sentuhan tangan.

“Maka diimbau dan diserukan selalu kita pakai masker baik dalam percakapan atau dalam kegiatan bersama-sama, untuk mengantisipasi dari orang lain atau kadang dari kita yang bawa virus,” kata Waled Nu.

Baca juga: Sembuh dari Corona, Ulama Aceh Abu Mudi: Covid-19 Jangan Dianggap Remeh!

Covid-19, lanjut Waled Nu, bisa terserang tanpa gejala pada orang yang memiliki daya kekebalan tubuh. Orang sudah terkena corona, walaupun tidak sakit, bisa menularkan ke orang lain. “Kalau virus corona ada di tubuh kita, kita menjadi kurir pembawa penyakit, maka untuk tidak membawa penyakit dari kita, kita wajib pakai masker.”

Selain itu, Waled Nu juga mengingatkan pentingnya menjaga jarak fisik atau physhical distancing dan menghindari keraiaman. “Jangan anggap enteng dan remeh.”

Follow Berita Okezone di Google News

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini