Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lari di Masa Pandemi Bisa Tingkatkan Imunitas, Benarkah?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 08 Oktober 2020 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 08 620 2290373 lari-di-masa-pandemi-bisa-tingkatkan-imunitas-benarkah-DrwsbtdPfQ.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Banyak aktivitas positif yang bisa Anda lakukan di masa pandemi ini, bukan hanya gowes, Anda ternyata bisa juga lari. Ya, olahraga yang satu ini ternyata memberi dampak positif juga pada kebugaran tubuh dalam upaya mencegah paparan virus corona.

Studi L. Spence dan rekannya di 2007 pernah membuktikan anggapan tersebut. Jadi, studinya mengamati kejadian infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) dalam tiga kelompok selama periode lima bulan. Mereka itu adalah atlet elit, atlet rekreasi, dan subjek yang tidak banyak bergerak.

Nah, ketika ketiga kelompok ini pilek, para peneliti kemudian melakukan swab ke hidung mereka untuk meneliti virus yang ada di dalam tubuh. Diketahui hasilnya bahwa jumlah virus lebih banyak ditemukan pada kelompok atlet elit dan subjek yang tidak banyak bergerak, dibandingkan atlet rekreasi.

Swab

"Kami mengakui bahwa temuan studi ini skalanya kecil, karena mereka tidak dapat mengidentifikasi penyebab penyakit di sebagian besar kasus, tetapi terlepas dari itu, temuan ini tetap untuk untuk mengisyaratkan bahwa banyak olahraga mungkin tidak selalu lebih baik dalam hal mencegah penyakit," kata Spence, dikutip dari Runners Connect.

Baca Juga : 5 Potret Cantik Chef Renatta Moeloek, Dibilang Mirip Pemeran Mulan

Olahraga lari pun masuk ke dalam salah satu aktivitas fisik yang direkomendasikan Kementerian Kesehatan melalui GERMAS atau gerakan masyarakat hidup sehat. Dalam rekomendasinya, setidaknya setiap orang yang sehat rutin 30 menit sehari lari dalam intensitas ringan atau sedang, sesuai kemampuan masing-masing.

Bahkan, dijelaskan dalam Berkeley Wellness, lari di tengah lingkungan yang nyaman dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stress. Ini tentu manfaat yang sedang banyak dicari orang di tengah situasi yang penuh kekhawatiran seperti sekarang.

Lari di Tengah Pandemi

Nah, lari akan semakin menyenangkan bila dilakukan dengan motivasi tertentu dan dilakukan dengan menyenangkan. Tidak hanya itu, jika dilakukan bersama dengan keluarga, pasangan atau sahabat tersayang tentu akan lebih bersemangat lagi. Tentunya, tetap memerhatikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

"Nah, salah satu kegiatan lari yang bisa diikuti adalah PRU25 Acteev Virtual Walk and Run - Charity for Desa Maju Prudential yang ada di Mauk, Tangerang. Dari kegiatan ini, kami berharap masyarakat dapat termotivasi untuk menerapkan gaya hidup sehat di tengah kenormalan baru," kata Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia, melalui keterangan tertulis, Rabu (7/10/2020).

Dengan menjalankan aktivitas fisik seperti lari ini, Jens juga berharap agar masyarakat bisa memiliki tubuh yang lebih sehat dan ini jadi upaya bersama mencegah penyebaran Covid-19 secara mandiri di masyarakat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini