Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertanian Penopang Ekonomi Selama Pandemi, Industri Sawit Diberi Insentif

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2020 13:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 620 2320212 pertanian-penopang-ekonomi-selama-pandemi-industri-sawit-diberi-insentif-h5Ya2t3aV5.jpg Pertanian Jadi Penopang Ekonomi Selama Pandemi. (Foto: Okezone.com)
A A A

JAKARTA - Pandemi virus corona (Covid-19) mempengaruhi hampir semua sektor perekonomian, termasuk pertanian, kehutanan dan perikanan. Di mana sektor tersebut menjadi penyumbang terbesar bagi ekonomi Indonesia.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, ketiga sektor mengalami tren penurunan selama masa pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai daerah.

Baca Juga: RI Bakal Punya Sekolah Pertanian Berbasis Kecerdasan Buatan

Sebab, kebijakan PSBB ini cukup berpengaruh pada distribusi barang ke beberapa daerah. Termasuk distribusi hasil pertanian yang juga terkena imbasnya

"Sebagai penyumbang ketiga terbesar bagi PDB kita, sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan juga mengalami tren penurunan pertumbuhan ekonomi, tren penurunan ini terjadi sebagai akibat dari pembatasan sosial di berbagai daerah yang berdampak pada distribusi hasil pertanian," ujarnya dalam acara Indonesian Palm Oil Conference (IPOC) secara virtual, Rabu (2/12/2020).

Baca Juga: Tak Punya Kewenangan Impor, Mentan: Kami yang Sering Didemo

Namun, menurut Airlangga, meskipun mengalami tren penurunan sektor pertanian masih bisa tumbuh positif pada masa pandemi Covid-19. Bahkan, sektor pertanian yang menjadi penyelamat perekonomian di saat sektor industri lumpuh.

"Namun, pertumbuhan sektoral kita memastikan bahwa sektor pertanian cenderung memiliki ketahanan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan sektor industri dalam menghadapi pandemi Covid-19," jelasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Oleh karena itu, pemerintah mengeluarkan berbagai macam kebijakan untuk mengatasi keterpurukan ekonomi ini ke sektor pertanian. Salah satunya adalah dukungan kepada para pengusaha kelapa sawit.

"Oleh karena itu, untuk pertumbuhan di sektor ini, pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mengatasi keterpurukan tersebut, salah satunya mengenai dukungan terhadap industri kelapa sawit," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini