Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pandemi Covid-19, Masyarakat Indonesia Makin Senang Membantu

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Sabtu 03 Juli 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 03 620 2434991 pandemi-covid-19-masyarakat-indonesia-makin-senang-membantu-MeZHIw0qrn.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

MASYARAKAT Indonesia punya jiwa kedermawanan terbaik. Bahkan di masa pandemi Covid-19, jiwa sosial masyarakat meningkat.

Tak heran jika Indonesia baru saja dinobatkan sebagai negara dengan tingkat kedermawanan tertinggi di Dunia oleh Charities Aid Foundation. Di dalam rilis World Giving Index 2021 disebutkan bahwa 8 dari 10 masyarakat Indonesia menyumbangkan uangnya pada 2021

Baca Juga: PPKM Darurat, Restoran dan Kafe Gencarkan Layanan Pesan Antar

Sekjen Palang Merah Indonesia Sudirman Said mengatakan, kedermawanan ini dapat menjadi kekuatan bagi masyarakat untuk melewati pandemi Covid-19. Ia menganggap, Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini menjadi momen yang pas untuk membantu satu sama lain.

 sudirman

"Kedermawanan sudah menjadi kultur di Indonesia. Semakin sulit keadaan masyarakatnya, keinginan untuk menyumbang masyarakat lainya pun juga semakin tinggi,” kata Sudirman saat Diskusi Publik Memprediksi Keampuhan PPKM Mikro Darurat?, baru-baru ini.

Bukan hal mustahil bila masyarakat bisa saling membantu. Contohnya pada masa PSBB dulu, banyak orang memberikan bahan makanan di rumahnya, seperti sembako dan sayur mayur.

Sementara itu, saat ini Sudirman Said, Hendri Satrio juga Kunto Adi Wibowo dari KedaiKOPI menggagas Gerakan Bantu Satu Senyum Seribu. Gerakan ini bisa menjadi wadah bagi masyarakat yang ingin membantu dan menghubungkan kepada mereka yang sedang membutuhkan.

“Setiap krisis maupun bencana di Indonesia, yang menolong masyarakat ya masyarakat itu sendiri, oleh karena itu saya percaya Indonesia akan keluar dari krisis ini dengan kekuatan sosial yang luar biasa," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini