Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menag Tegaskan Vaksinasi Covid-19 untuk Jutaan Santri Terus Berjalan

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 01 September 2021 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 01 620 2464472 menag-tegaskan-vaksinasi-covid-19-untuk-jutaan-santri-terus-berjalan-uk9eVvNIUF.jpg Menag Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Kemenag)
A A A

MENTERI Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menegaskan bahwa vaksinasi covid-19 untuk jutaan santri terus berjalan. Ikhtiar ini menjadi bagian dari kontribusi santri dan pesantren dalam mewujudkan kekebalan komunal atau herd immunity.

"Vaksinasi jutaan santri terus bergulir. Pertengahan Agustus lalu misalnya saya ikut menyaksikan dan memberikan sambutan pada Kick Off Program 3 Juta Pesantren Jawa Barat Siap Divaksin," ungkap Menag Yaqut, seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Agama, Rabu (1/9/2021).

Baca juga: Perkuat Kemandirian, UMKM Pesantren Diberi Pelatihan 

"Program vaksinasi santri ini terus bergulir di berbagai daerah sebagai bagian partisipasi pesantren dalam mewujudkan herd immunity," sambungnya.

Menurut Menag Yaqut, program vaksinasi covid-19 di pesantren sangat strategis. Pasalnya, pesantren merupakan sebuah ekosistem. Selain kiai, ustadz, dan santri, tercakup juga masyarakat sekitar pondok pesantren.

"Jika vaksin diberikan ke pesantren, maka secara ekosistem juga akan terbantu," tutur Menag Yaqut, "Vaksinasi santri dan pesantren juga berdampak pada tumbuhnya kepercayaan masyarakat untuk bersama-sama ikut program vaksinasi."

Dalam sebulan terakhir, lanjut Menag Yaqut, tercatat program vaksinasi covid-19 untuk santri ini dilakukan di banyak pesantren, baik di dalam maupun luar Pulau Jawa.

Baca juga: Viral Nasihat Penghulu Anas Ajak Doakan Ibu Curi Perhatian Menag Yaqut 

Prosesnya antara lain dilakukan melalui kerja sama Kantor Wilayah Kemenag Provinsi atau Kankemenag Kabupaten/Kota dengan Baznas atau LAZ, Dinas Kesehatan, TNI, Polri, dan pihak lainnya.

"Besok Kamis, misalnya, di Jawa Tengah akan mulai diadakan lagi proses vaksinasi untuk kiai, ustadz, dan santri. Program ini menargetkan vaksin untuk 8.635 kiai, 46.181 ustadz/ustadzah, dan 539.255 santri," papar Menag Yaqut.

Follow Berita Okezone di Google News

Dirinya optimistis vaksinasi covid-19 untuk para santri dan warga pesantren akan terus berlangsung dan makin masif seiring dengan keberadaan vaksin dan kesadaran masyarakat untuk mengikutinya.

Baca juga: Wamenag Minta Pengusaha Muslimah Kuasai Literasi Digital untuk Kembangkan Bisnis 

Vaksinasi santri dan pesantren ini, ujar dia, menjadi komitmen pemerintah, terlebih dalam menyongsong pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

"Pemerintah berkomitmen proses vaksinasi santri dan pelajar ini bisa segera diselesaikan, dan itu akan berkontribusi besar dalam pembentukan kekebalan kolektif," pungkasnya.

Vaksinasi covid-19. (Foto: Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini