Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masker Kain Terbukti Memperlambat Penyebaran Virus Corona? Ini Kata Peneliti

Karina Asta Widara , Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 16:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 31 620 2191902 masker-kain-terbukti-memperlambat-penyebaran-virus-corona-ini-kata-peneliti-mSYgLCpXlE.jpg

Masker wajah buatan sendiri (non medis) adalah topik pembicaraan hangat di beberapa negara. Mengingat tidak hanya di Indonesia, di beberapa negara pun masker yang sesuai standar kesehatan sudah sangat langka dan mahal harganya.

Seperti dalam unggahan video Gadis asal Republik Ceko yang belakangan banyak beredar di social media maupun WA Group yang menyebutkan bahwa sebagian para ahli juga setuju jika penggunaan masker kain memang tidak bisa sepenuhnya melindungi diir dari penyabaran virus, namun yang paling terpenting di saat pandemi COVID-19 seperti sekarang penggunaan masker dapat mencegah penularan virus kepada orang lain.

Vojtech Petracek, Assoc. Prof.,ph. D. seorang fisikawan partikel, rektor untuk Sains dan Penelitian di Universitas Teknik Ceko di Praha mengatakan, berdasarkan data yang ia terima, bahwa penggunaan masker sangatlah penting untuk menekan penyebaran Virus Corona atau COVID-19 di suatu negara.

(Baca Juga : Ini Tata Cara Memakai Masker dan Melepasnya)

"Berdasarkan data terakhir, kita tahu bahwa penggunaan masker penting untuk menekan penyebaran virus," katanya.

Selain itu dua peneliti lainnya juga mengungkapkan hal yang sama. Vladmir zdimal, Ph.D, kepala departemen kimia dan fisika aerosol, akademi sains di Ceko mengatakan jika menggunakan masker kain meskipun terlihat sederhana mampu mencegah hingag 100 persen penyebaran dan mikro yang terinfeksi.

(Baca Juga : Sakit Wajib Gunakan Masker, Kapan Orang Sehat Harus Pakai?)

Sementara Emil Pavlik,M.D., Ph.D. yang merupakan ahli mikrobiologi dan ahli virus mengatakan jika semakin sering menggunakan makser semakin sedikit virus yang akan menyebar. "Semakin banyak yang menggunakan masker. Semakin sedikit virus yang akan menyebar dan semakin sedikit yang akan terpapar," katanya.

(Baca Juga : Dampak COVID-19, Masker Wajah Jadi Aksesori Unik di London Fashion Week)

Nah, sebelum menggunakan masker ada beberapa cara aman yang harus Anda lakukan. Pertama, bersihkan tangan dengan alkohol atau sabun dan air. Tutupi mulut dan hidung dengan masker dan pastikan tidak ada celah antara wajah dan masker Anda.

(Baca Juga : Heboh Masker Louis Vuitton untuk Atasi COVID-19)

Kemudian Hindari menyentuh masker saat menggunakannya. Jika Anda melakukannya, bersihkan tangan Anda dengan alkohol atau sabun dan air ya.

(ful)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini