Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9 Tempat dengan Risiko Penularan Covid-19 dari Tinggi hingga Rendah

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 11 Juni 2020 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 11 620 2228090 9-tempat-dengan-risiko-penularan-covid-19-dari-tinggi-hingga-rendah-g9Bz9lua9X.jpg Sekolah termasuk tempat dengan risiko penularan tinggi (Foto : Deccanherald)

Pemerintah telah melakukan pelonggaran PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) hal ini sering disebut juga sebagai era new normal. Di era new normal, masyarakat diperbolehkan kembali beraktivitas, namun dengan tetap menerapkan protokol Covid-19.

Tempat-tempat umum dan hiburan pun kembali dibuka, namun dibatasi jumlah pengunjungnya. Kendati demikian, masyarakat pun antusias menyambut era new normal. Mereka ingin segera kembali mengunjungi tempat favorit mereka.

Tapi, ada baiknya masyarakat mengetahui tempat-tempat mana saja yang paling berisiko terhadap penularan Covid-19. Melansir dari Mlive, berikut tingkat risiko penularan Covid-19 dari level 9 ke level 1.

Tempat Konser Musik

Level risiko : 9

Konser

Bahkan jika konser di luar bukan di Stadion, pertemuan besar seperti ini bisa menjadi sarang untuk menyebarkan virus, para ahli memperingatkan. "Bernyanyi adalah cara yang sangat efektif untuk menyebarkan virus," kata Emig.

Ketika orang berbicara keras atau menyanyi itu berpotensi lebih menyebarkan virus ke dalam lingkungan, lebih meningkatkan risiko, di sini.

Baca Juga : Cegah Covid-19, Bawa 4 Keperluan Pribadimu Sendiri saat ke Kantor

Tempat Gym

Level risiko : 8

Mirip dengan menyanyi, orang memancarkan lebih banyak sekresi pernapasan ketika bekerja keluar dan bernapas berat, kata Husain. Selain itu, sulit untuk latihan sambil mengenakan masker dan jaga jarak, kata para ahli. Setelah gym terbuka, Emig menyarankan menggunakan peralatan individu-dan menyeka ke bawah permukaannya.

Sekolah

Anak Waspada COVID-19

Level Risiko :7

Sekolah memiliki banyak faktor yang rumit, ketika datang ke risiko untuk menyebarkan COVID-19. Siswa sering dalam 6 kaki satu sama lain dan selama berjam-jam pada suatu waktu.

Itu di atas tantangan tambahan untuk mendapatkan anak untuk mengikuti tindakan pencegahan seperti tinggal dipisahkan, mengenakan masker dan mencuci tangan dengan baik.

Restoran

Level risiko : 6

Makan di restoran lebih berisiko daripada makan di luar ruangan karena pertukaran udara, kata para ahli. Karena udara yang sama adalah resirkulasi melalui sebuah bangunan dan orang tidak memakai masker, mudah untuk menyebarkan virus ke orang bahkan lebih dari 6 meter jauhnya.

Jika Anda akan melakukannya, Sims menyarankan untuk meminta meja yang tidak berada di area orang mondar-mandir, seperti di dekat pintu masuk atau kamar mandi.

Mal

Level risiko : 5

Tanpa tindakan pencegahan seperti membatasi jumlah orang di toko dan membutuhkan masker, mal dapat berisiko tinggi, kata Sims. Jika semua orang mengikuti semua aturan, itu bisa serendah 2 dari 10 pada skala risiko, katanya.

Kantor

New Normal

Level Risikon : 4

Tidak seperti toko dan Restoran, kantor berisiko rendah karena majikan lebih dapat menegakkan aturan menjauhkan dan masking.

Para ahli mengatakan itu masih lebih aman untuk bekerja dari rumah, meskipun, karena berada di sekitar orang selama delapan atau 10 jam meningkatkan risiko.

Hotel

Level Risiko : 3

Risiko terbesar di Hotel adalah pada waktu check-in dan waktu lainnya orang mungkin berkumpul-seperti sarapan. Cobalah untuk menemukan hotel yang memiliki contactless Check-In, Emig mengatakan, untuk menurunkan risiko Anda.

Jangan khawatir karena banyak tentang seberapa baik kamar Anda dibersihkan atau yang tinggal di ruangan sebelum Anda, itu bukan cara yang paling mungkin virus akan menyebar di lingkungan Hotel, kata Emig.

Hotel

Bersepeda, jalan-jalan dengan teman

Level Risiko : 2

Berjalan, berlari dan bersepeda di jalan menimbulkan risiko rendah, karena Anda tidak datang ke dalam kontak dengan banyak orang dan tidak dekat mereka untuk waktu yang lama. Risiko meningkat jika Anda bersama dengan kelompok orang berdekatan dan tidak memakai masker.

Take away di restoran

Level Risiko : 1

Para ahli memiliki sedikit kekhawatiran tentang sistem takeaway dari sebuah restoran, terutama dengan semua langkah keselamatan baru. Pick up makanan di tepi jalan dan pembayaran tanpa kontak menurut ahli bisa Ini jauh lebih berisiko daripada makan di Restoran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini