Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Amalan Sunah Hari Kamis yang Bisa Buka Pintu Surga

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 18 Juni 2020 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 18 620 2232316 amalan-sunah-hari-kamis-yang-bisa-buka-pintu-surga-eUiHMHrVuY.jpg Ilustrasi (Freepik)
A A A

SALAH satu amalan yang disunahkan dikerjakan pada hari Kamis adalah puasa. Puasa sunah Senin dan Kamis memiliki banyak keistimewaan, salah satunya diyakini bisa membuka pintu surga bagi orang yang menjalankannya.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ

“Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu diampuni kecuali seseorang yang antara dirinya dengan saudaranya terdapat permusuhan.” (HR. Muslim).

Baca juga:  5 Cara Muslim Berlindung dari Godaan Setan

DAI Muda Nahdatul Ulama Ustadz M Najmi Fathoni mengatakan, keutamaan puasa Senin dan Kamis ada dalilnya.

"Ada hadist juga yang diriwayatkan oleh At Tirmidzi. Rasulullah menyebutkan, ada berbagai amalan itu dilaporkan kepada Allah yaitu pada hari Senin dan Kamis," ujarnya saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

 

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Imam At Tarmidzi, Rasulullah SAW bersabda bahwa “segala amal perbuatan manusia akan diperiksa pada hari Senin dan Kamis, maka aku ingin ketika amal perbuatanku diperiksa, aku dalam keadaan berpuasa.”

Kamis malam atau malam Jumat anjuran amalan sunah lain yang banyak pahalanya adalah membaca Alquran terutama Surah Al Kahfi yang hikmahnya berdasarkan hadist Nabi Muhammad akan disinari cahaya 2 Jumat.

Hadist lain diriwayatkan Abu Daud dari al-Habr disebutkan, "Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya."

Follow Berita Okezone di Google News

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini