Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sungguh Dahsyat, Ini Kekuatan dan Hikmah dari Bersedekah

Rabu 15 Juli 2020 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 620 2246855 sungguh-dahsyat-ini-kekuatan-dan-hikmah-dari-bersedekah-Nt3CgUEoGC.jpeg ilustrasi (stutterstock)

ISLAM sangat menganjurkan sedekah atau memberikan sesuatu ke orang lain. Ibadah ini bahkan sangat utama dikerjakan karena manfaatnya bukan hanya dialami si pemberi, tapi juga dirasakan orang lain. Artinya si pemberi bisa mendapatkan pahala sekaligus hikmah, yang menerima juga mendapatkan manfaat dari pemberian.

Baca juga: Idul Adha Hari Jumat, Bolehkah Tidak Jumatan? 

Rasulullah bersabda, “Jagalah diri kalian dari neraka meskipun hanya dengan sedekah setengah biji kurma. Barangsiapa yang tak mendapatkannya, maka ucapkanlah perkataan yang baik." (HR. Bukhari nomor 1413, 3595 dan Muslim nomor 1016)

Lalu, apa saja kekuatan dan hikmah bersedekah?

Mengutip artikel ditulis oleh Mahasantri Ma’had Aly Hasyim Asy’ari, Quratul Adawiyah di laman Tebuireng.Online, Rabu (15/7/2020), ada dua kekuatan yang akan dirasa dan dimiliki oleh sebab sedekah, yaitu:

1. Kekuatan pada diri orang yang bersedekah

2. Kekuatan pada diri orang yang diberi sedekah

Baca juga: Pelajari Kisah Nabi Ibrahim, Ini 4 Hikmah yang Bisa Kamu Ambil 

Kemudian sedikitnya ada lima keutamaan sedekah yang diterima oleh orang yang mengeluarkannya:

1. Sedekah mengundang datangnya rezeki

2. Sedekah menolak bala

3. Sedekah dapat menyembuhkan penyakit

4. Sedekah dapat memanjangkan umur

5. Sedekah membuka pintu surga.

Dalam Alquran, Allah SWT sudah menjanjikan ganjaran bagi orang bersedekah. Seperti menanam dikebun Allah, pasti berbuah. Menanam di kebun sendiri berbuah, apalagi di kebun Allah. Kalaupun buahnya tidak lebat, paling tidak pasti berkembang.

“Jadi, ketika kita mengeluarkan sedekah, maka kita mengeluarkannya sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT bukan karena semata-mata ingin dipuji dan dihormati oleh orang yang diberi sedekah. Pujian dan kehormatan itu hanyalah bersifat semu dan sementara belaka dimana ia akan hilang seiring dengan ketiadaan kita dalam memberi sedekah lagi padanya,” tulis Quratul Adawiyah.

(sal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini