Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yodi Prabowo Bunuh Diri, Ini Doa Buat Cegah Depresi dan Putus Asa

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 26 Juli 2020 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 26 620 2252205 yodi-prabowo-bunuh-diri-ini-doa-buat-cegah-depresi-dan-putus-asa-jyVHlThcE6.jpg ilustrasi (stutterstock)
A A A

MISTERI penyebab kematian Yodi Prabowo akhirnya terkuak setelah sempat mengambang pasca-ditemukan mayatnya di pinggir Tol JORR, Pesanggarahan, Jakarta Selatan, Jumat 10 Juli 2020. Editor Metro TV itu dinyatakan meninggal karena bunuh diri.

Berdasarkan hasil penyelidikan, polisi menduga korban bunuh diri karena depresi setelah berkonsultasi dengan dokter kulit dan kelamin. “Kemungkinan munculnya depresi,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat dalam konferensi pers, Sabtu kemarin.

Baca juga:  Biarpun Utang Segunung Emas, Insya Allah Lunas dengan Doa Ini

Depresi dan rasa putus asa bisa melanda siapa saja. Jika imannya lemah dan kesabarannya kurang, maka bisa berakibat fatal bahkan bunuh diri karena merasa tak ada gunanya lagi hidup.

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam, Ustadz Ainul Yaqin menyatakan, Islam jelas melarang seseorang bunuh diri. Tapi, kenapa masih saja ada yang melakukannya?

"Sumbernya adalah hati lemah yang merasa gelisah, kesedihan yang memuncak, putus asa, merasa tidak bisa menyelesaikan masalah dan jauh dari harapan, putus asa dari rahmat Allah," kata Ustadz Ainul Yaqin beberapa waktu lalu.

Baca juga:  Dalil tentang Hari Kiamat, Manusia Harus Waspada

Agar tidak mudah depresi ketika menghadpai masalah, lebih baik mendekatkan diri kepada Allah, memperbanyak berdoa agar selalu dilindungi dari godaan setan.

Berikut ini adalah doa yang diajarkan Rasulullah agar hati tetap tenang dan tidak mudah depresi, apalagi sampai nekat bunuh diri:

اَللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya: "Ya Allah, Aku mengharapkan (mendapat) rahmatMu, oleh karena itu, jangan Engkau biarkan diriku sekejap mata (tanpa pertolongan atau rahmat dariMu). Perbaikilah seluruh urusanku, tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau."(HR. Abu Daud).

Selain itu terdapat bacaan lainnya yang bisa menjadi doa untuk memperkuat keimanan, yaitu:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbish rahli sadri. Wayassirli amri. Wahlul uqdatam millisani. Yafqahu qauli

Artinya: "Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka faham ucapanku."(QS. Taha: 25-28).

Kedua tersebut dapat dibaca setiap saat, khususnya setelah selesai sholat fardhu atau sunah sambil ditambah kalimat-kalimat zikir untuk memperlengkap ibadah, yakni dengan niat agar iman tidak mudah goyah oleh persoalan apapun.

Follow Berita Okezone di Google News

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini