Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pandemi Covid-19, Ajarkan 5 Hal Ini Sebelum Anak Menginjak Usia Lima Tahun

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 18:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 620 2254103 pandemi-covid-19-ajarkan-5-hal-ini-sebelum-anak-menginjak-usia-lima-tahun-MbtVRx4Bpx.jpg Ajarkan anak adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi (Foto : Parents)

Ketika kita berupaya untuk terus menerapkan adaptasi kebiasaan baru seperti mencuci tangan sesering mungkin, memakai masker, serta menjaga kebersihan, kita juga harus menanamkan hal ini kepada si kecil.

Anak-anak adalah makhluk yang meniru kebiasaan orangtuanya. Jadi, agar mereka tumbuh dalam kedisiplinan, orangtua dianjurkan mengajarkan hal-hal tersebut sebelum anak menginjak usia 5 tahun. Dengan begitu, kebiasaan yang baik itu akan tertanam dan terus dilakukan si kecil hingga ia tumbuh menjadi dewasa.

Melansir Times of India, Kamis (29/7/2020), berikut 5 hal yang perlu orangtua ajarkan sebelum anak menginjak usia 5 tahun.

Cuci tangan

Cuci Tangan

Salah satu aturan utama untuk menjaga kesehatan dan kebersihan adalah dengan mencuci tangan secara berkala. Ajari anak Anda untuk membersihkan tangan dengan benar menggunakan sabun dan air setidaknya selama 20 detik, setiap kali terlihat kotor.

Buatlah peraturan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet dan bahkan setelah mereka selesai bermain dengan mainan mereka di luar.

Baca Juga : 4 Pose Lucu Gempi saat Nikmati Pantai di Bali, Pengen Cubit Pipinya Deh!

Jangan batuk atau bersin menggunakan tangan

Ajari si kecil untuk menutup mulutnya dengan sapu tangan atau tisu saat bersin dan batuk serta membuang tisu yang benar. Anak-anak juga dapat belajar untuk menggunakan bagian dalam siku mereka guna menutupi wajah saat bersin. Ini bisa dilakukan ketika tidak ada sapu tangan atau tisu.

Jika anak Anda menggunakan tangannya untuk bersin atau batuk, ia harus segera mencucinya dengan air bersih dan sabun. Anak-anak juga harus tahu untuk bahwa sapu tangan tidak boleh digunakan bergantian dengan siapapun.

Gunakan masker

Menggunakan masker mungkin menjadi hal menjengkelkan bagi anak. Karena si kecil akan merasa tidak nyaman. Untuk membujuk agar mereka mau mengenakan masker, beri edukasi kepada anak mengenai virus corona yang tidak terlihat yang dapat menyerang mereka kapanpun dan dimanapun.

Orangtua juga bisa memberikan mereka masker dari bahan katun yang nyaman serta motif kartun yang lucu agar anak-anak tertarik dan mau mengenakannya dengan sukarela.

Anak Pakai Masker

Tidak menyentuh wajah

Hal yang satu ini mungkin yang paling sulit untuk dihindarkan baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Menyentuh wajah seakan sudah menjadi kebiasaan alam bawah sadar dan seringkali terjadi karena refleks. Karena itu, kita perlu mengajari anak-anak mengapa mereka tidak boleh menyentuh wajah.

Jelaskan padanya, tangan merupakan sarang berkumpulnya bakteri yang tidak terlihat. Ketika kita menyentuh wajah dengan tangan, maka kuman akan berpindah ke wajah.

Mandi

Jika anak sulit mandi, Anda dapat mengajarinya cara mandi dan pentingnya mandi untuk membersihkan bakteri dan kuman yang menempel di tubuh. Mandi juga dapat membuat kita merasa segar dan rileks.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini