Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Fakta Bantuan UMKM Rp2,4 Juta, Terselip Harapan Jokowi

Feby Novalius, Jurnalis · Sabtu 22 Agustus 2020 07:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 20 620 2265143 5-fakta-bantuan-umkm-rp2-4-juta-terselip-harapan-jokowi-XyHFUPdVfB.jpg Presiden Jokowi Akan Berikan Bansos Produktif Rp2,4 Juta/UMKM. (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)
A A A

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyalurkan bantuan sosial produktif Rp2,4 juta kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pada 24 Agustus. Di mana sampai hari ini data yang sudah diproses sebanyak 2 juta UMKM.

Menurut Jokowi, bantuan tersebut diberikan supaya menggerakkan ekonomi agar di bawah ini agar bergerak terus.

Okezone pun merangkum fakta-fakta terkait bantuan UMKM Rp2,4 juta yang akan dicairkan 24 Agustus 2020, Sabtu (22/8/2020):

1. Disalurkan Minggu Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bantuan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) akan segera dibagikan kepada 9,1 juta pengusaha UMKM. Bantuan yang bernama banpres produktif tersebut senilai Rp2,4 juta.

“Minggu depan akan kita bagi kepada 9,1 juta pengusaha kecil di seluruh Indonesia. Bapak ibu sudah dapat duluan. Hari Senin nanti akan dibagi banpers produktif sebanyak 9,1 juta untuk pengusaha dengan rupiah yang sama. Karena kita ingin menggerakkan ekonomi agar di bawah ini agar bergerak terus,” kata Jokowi.

2. 1 Juta UMKM Lebih Dulu Terima Bansos

Pemerintah telah mengucurkan program bantuan sosial (bansos) produktif sebesar Rp2,4 juta kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada 17 Agustus. Namun, secara resmi bansos tersebut akan diberikan Presiden Joko Widodo pada 24 Agustus.

Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM, Rully Indrawan mengatakan, dari data yang dimiliki, bansos produktif untuk pelaku UMKM sudah tersalurkan kepada 1 juta pelaku usaha sampai hari ini.

3. Tahap Pengumpulan Data

Rully menambahkan, untuk pengumpulan data pelaku UMKM yang tidak terhubung dengan akses perbankan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah kota/kabupaten dan provinsi.

"Bagi yang belum terakses perbankan, sumber data-data juga bisa bersumber dari dinas-dinas kota/kabupaten dan provinsi. Bank BRI dan BNI untuk nasabah PNM (Permodalan Nasional Madani)," kata dia. 

Follow Berita Okezone di Google News

4. Target 12 Juta UMKM

Rully menjelaskan, data pelaku UMKM yang akan menerima bansos produktif hingga saat ini telah mencapai 2 juta orang dan akan terus bertambah hingga mencapai 12 juta orang.

"Data yang sudah diproses dan dinyatakan selesai 2 juta. Yang lainnnya masih diolah dan menunggu usulan daerah. Total akhir Insya Allah 12 juta," ucapnya.

5. Harapan Jokowi

Jokowi berharap bahwa bantuan ini dapat menambah modal kerja bagi pengusaha kecil. Pasalnya adanya pandemi membuat membuat ekonomi saat ini sulit.

“Karena kita tahu, dalam masa pandemi seperti ini, kita juga merasakan betapa sangat sulitnya. Tapi bukan hanya yang kecil saja. Yang kecil sulit, yang tengah juga sulit, yang gede juga sulit semuanya. Oleh sebab itu kita harus bekerja lebih keras lagi agar bisa kembali ke situasi normal seperti sebelum pandemi covid. Kita harapkan itu,” ungkapnya. (feb)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini