Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Benarkah Polusi Udara dan Cuaca Dingin Bisa Memperparah Covid-19?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 04 November 2020 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 620 2303850 benarkah-polusi-udara-dan-cuaca-dingin-bisa-memperparah-covid-19-1lwJx7OSSo.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Bagi negara subtropis, sebentar lagi mereka akan memasuki musim dingin. Dengan demikian, kasus Covid-19 pun dapat memasuki fase baru.

Menurut para ahli, kombinasi Covid-19 dan polusi tingkat tinggi dapat mematikan dan dapat menimbulkan risiko kesehatan yang parah dalam waktu dekat.

Batuk Pakai Masker

Meskipun Covid-19 telah terdeteksi sebagai penyakit pernapasan, wajar jika berasumsi bahwa paparan kualitas udara beracun hanya meningkatkan risiko penyakit pernapasan.

Covid-19 adalah penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan manusia. Meskipun demikian, dengan tingkat polutan berbahaya yang tinggi di udara, sangat sulit untuk mengabaikan risiko yang lebih besar yang ditimbulkan pada kehidupan manusia.

Baca Juga : Pilpres Amerika, Melania Trump Pakai Dress Rp66 Juta saat 'Nyoblos'

Bahkan sebelum munculnya virus corona, beberapa penelitian telah menyelidiki hubungan antara polusi udara dan banyak penyakit pernapasan. Dalam salah satu studi terbaru, sekitar 15% orang yang meninggal karena Covid-19 di seluruh dunia pernah terpapar polusi udara partikulat halus dalam jangka panjang.

Sesuai laporan yang dihasilkan oleh Harvard dan Universitas Emory, mungkin ada kemungkinan hubungan antara tingkat kematian yang lebih tinggi dari Covid-19 dan paparan polusi jangka panjang.

Selama penyelidikan, mereka melihat peran materi partikulat, ozon, dan nitrogen oksida dalam kematian akibat Covid-19 dengan membandingkan tingkat kematian daerah dengan tingkat polusi dan faktor potensial lainnya.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), udara beracun dapat membunuh 7 juta orang setahun secara global. Selain itu, mereka mengklaim bahwa paparan jangka pendek terhadap polusi udara dapat menyebabkan penyakit pernapasan jangka panjang.

Polusi Udara

Karena itu, selain mengikuti protokol kesehatan Covid-19 seperti misalnya, menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, dan membersihkan permukaan yang sering disentuh.

Orang-orang harus menjaga kebersihan lingkungannya dan memperhatikan tindakan seseorang. Terlebih saat hari besar tiba seperti perayaan halloween misalnya. Selama waktu tersebut, hindari aktivitas luar ruangan karena kualitas udara dapat terkontaminasi. Konsumsilah makanan sehat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini