Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Australia Beri Utang Rp15,3 Triliun ke RI, Begini 4 Faktanya

Fakhri Rezy, Jurnalis · Sabtu 14 November 2020 07:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 620 2309100 australia-beri-utang-rp15-3-triliun-ke-ri-begini-4-faktanya-rNgg40Id9K.jpg Rupiah (Shutterstock)

JAKARTA - Di saat wabah virus Corona atau Covid-19, Indonesia dan Australia melakukan kerjasama bilateral. Kerjasama tersebut untuk memulihkan ekonomi imbas wabah Covid-19.

Pemulihan ekonomi ini, Indonesia mendapatkan pinjaman utang dari Australia. Negara yang terkenal dengan Kangguru itu mengucurkan dana pinjaman sebesar 1,5 miliar dolar Australia atau sekitar Rp15,37 triliun (kurs Rp10.320 per dolar Australia) kepada Indonesia.

 Baca juga: Lawan Covid-19, Indonesia Dapat Pinjaman Utang dari Australia Rp15 Triliun

Oleh sebab itu, Jakarta, Sabtu (14/11/2020), berikut fakta-fakta pinjaman Australia ke Indonesia:

1. Australia Beri Pinjaman Rp15,37 Triliun ke Indonesia

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan dalam pemulihan ekonomi ini, Indonesia mendapatkan pinjaman utang dari Australia. Negara yang terkenal dengan Kangguru itu mengucurkan dana pinjaman sebesar 1,5 miliar dolar Australia atau sekitar Rp15,37 triliun (kurs Rp10.320 per dolar Australia) kepada Indonesia.

"Kami mendiversifikasi bentuk pembiayaan kami, dan Australia mendukung dengan memberikan 1,5 miliar dolar Australia dalam bentuk pinjaman ke Indonesia, ini adalah dukungan yang sangat-sangat kami apresiasi," katanya.

 Baca juga: Sri Mulyani Sebut Banyak Negara Gagal Kelola Utang

2. Pinjaman Australia Bantu Indonesia Lawan Covid-19

Menurut Sri Mulyani, pinjaman ini akan membantu Indonesia untuk menjaga keberlangsungan kebijakan fiskal di tengah pandemi Covid-19.

"Kami tidak hanya mengatasi Covid-19, membantu masyarakat, membantu komunitas bisnis, UKM tetapi yang terpenting juga menjaga keamanan dan keberlanjutan fiskal kami," imbuhnya.

3. Krisis Memperat RI dan Australia

Meneri Keuangan Australia Josh Frydenberg mengatakan, pemulihan Indonesia dari pandemi sangat penting bagi stabilitas dan keamanan kawasan.

"Karena krisis ini sebagai mitra dan berkomitmen untuk distribusi yang adil dari setiap vaksin yang berhasil," kata Josh.

4. Pinjaman Australia ke RI Cerminan Kolaborasi Antar Tetangga

Josh menambahkan, pemberian pinjaman Pemerintah Australia kepada Indonesia mencerminkan kolaborasi bersama dan sebagai sebuah pengakuan atas catatan pengelolaan fiskal yang baik di Indonesia yang memungkinkan pemerintah menanggapi krisis kesehatan Covid-19.

"Pemerintah kami akan terus terlibat dan berbagi pengalaman saat kami bergerak menuju pemulihan ekonomi," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini